Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Keutamaan Membaca Surat Al Falaq Untuk Setiap Hari

Keutamaan membaca surat Al Falaq setiap hari memanglah banyak orang yang belum mengetahuinya. Oleh sebab itu, dalam postingan saat ini kami hendak berbagi data tentang apa saja keutamaan mambaca surat Al Falaq. Nah untuk kamu yang belum ketahui sama sekali keutamaan dari surat ini, pasti harus sekali kamu membaca postingan saat ini ini hingga berakhir ya.
Keutamaan Membaca Surat Al Falaq Untuk Setiap Hari
Keutamaan Membaca Surat Al Falaq Untuk Setiap Hari
Memanglah benar sudah disebutkan dalam hadits nabi kalau tiap surat dalam Al Qur’ an mempunyai keutamaan yang luar biasa, salah satunya surat dalam Al Qur’ an ialah Al Falaq. Surat maupun diucap dengansurat Al Falaq ialah surat ke 113 dalam Al Qur’ an serta pula terkategori surat Makkiyah. Surat ini mempunyai terdiri dari 35 ayat yang isinya memiliki suatu perintah kepada segala umat muslim supaya senantiasan memohon perlindugan Alloh dari seluruh keburukan.

Keutamaan Membaca Surat Al Falaq Setiap Hari

Surat tersebut diucap dengan Al Falaq karena kata yang ada pada ayat dini, yang bermakna waktu subuh. Tidak hanya itu surat ini pula salah satu surat Al Mu’ awwidzat ialah surat pelindungan. Tidak hanya Al Falaq ada surat lain dalam Al Qur’ an yang mempunyai faktor pelindung An Naas ataupun Al Ikhlas. Alloh SWT pula menyuruh hamba- Nya maupun berikan arahan buat orang beriman biar tetap buat senantiasa meminta proteksi kepada Tuhan- Nya dari seluruh suatu keburukan ataupun kejahatan yang terdapat, baik yang tersembunyi ataupun yang terlihat dan baik yang tidak di tahu ataupun di ketahuinya.

Butuh di ingat kalau doa sesuatu permohonan kita pada Alloh ada 3 berbagai diantaranya:

·       Istighatsah yakni doa sesuatu permohonan pada Alloh biar melepaskan, membebaskan dan menyelamatkan kita dari seluruh perihal kurang baik ataupun beresiko yang belum ataupun yang telah terjalin yang mengenai kepada kita.

·       Isti’ adzah yakni doa sesuatu permohonan pada Alloh buat melindungi diri kita, menghindarkan kita dan menjauhkan dari seluruh perihal yang kurang baik maupun mara bahaya yang bisa jadi saja dapat terjalin pada kita.

·       Isti’ adzah ialah doa sesuatu permohonan pada Alloh biar membantu maupun membagikan kita sesuatu perihal yang baik dan syar’ i yang kita mau.

Ketiga berbagai doa permohonan diatas cuma boleh kita diperuntukan kepada Alloh saja. Karena rasululloh saw sempat bersabda kalau: doa itu pula ibadah( HR Muslim).

Keutamaan Membaca Surat Al Falaq Setiap Hari

Dalam surat Al Falaq bawasanya Alloh menyuruh kita bagaikan makhluk yang lemah supaya banyak melaksanakan isti’ adzah kepada- Nya dari seluruh wujud kejahatan ataupun keburukan yang kamu. Ada 4 tipe kejahatan yang sudah disebutkan dalam surat ini ialah:

Ada pada ayat kedua kalau pula memerintahkan buat meminta perlindungan- Nya dari seluruh keburukan dan kejahatan bertabiat global. Yang mana sebab tiap makhluk Alloh memiliki sisi keburukan dan kejahatan disamping sisi kekeutamaanan ataupun kebaikan dikala berhubungan sesama yang lainya. Hingga kita hendak meminta proteksi kepada- Nya buat menghindarkan diri dari seluruh sisi keburukan dan kehajatan.

Ada pada ayat ketiga kalau Alloh sudah memerintahkan kita buat memohon perlindungan- Nya terhadap dari kejahatan malam, yang bisa jadi saja dapat terjalin kepada kita, sebab tidak terdapat orang yang mengetahuinya apa yang hendak terjalin nanti semacam kejahatan manusia, maupun kejahatan dari mahkluk ghoib semacam syaitan, jin ataupun dari kejahatan yang yang lain.

Ada pada ayat keempat kalau Alloh pula sudah memerintahkan buat meminta proteksi dari seluruh kehajatan penyihir, semacam santet, guna- guna tenun, pelet serta lainya sebagainya yang ialah kejahan tersembunyi. Oleh sebab itu, kita bisa membuat perisai dari surat Al Falaq ini.

Ada pada ayat kelima kalau Alloh sudah menyuruh kita buat meminta proteksi dari kejahatan orang yang berbentuk dengki, disebutkan di akhir dari surat ini karena dengki yakni tercantum kejahatan yang sulit buat di jauhi. Semacam menmfitnah, menolak kebenaran, mencelakakan orang, kejahatan pemikiran mata ataupun kejahatan lainya.

Dari 4 kejahatan yang ada isi dari isi surat ini, yang melaporkan kalau kita hendak senantiasa berdoa buat memohon pertolongan Alloh supaya tetap bebas dari 4 kejahatan tersebut kamu bisa melaksanakan amalan dengan surat Al Falaq ini.

Keutamaan Membaca Surat Al Falaq Setiap Hari

Kemudian apa saja keutamaan membaca surat Al Falaq, dengan memandang isi isi dari surat ini tentu kamu telah mengetahuinya kalau surat ini yakni surat Mu’ awwidzat ialah surat pelindungan dari seluruh suatu keburukan ataupun kejahatan, berikut ulasannya:

·       Apabila surat ini dibaca sebanyaknya tiap hari setelah mengerjakan shalat subuh dengan istiqomah, hingga Alloh hendak melindungi kita dari bermacam kejahatan ataupun kemudharatan yang kita tahu ataupun yang tidak di tahu. Semacam kejahatan manusia, kejahatan fauna buasa ataupun kejahatan makhluk gaib semacam jin, sayitan serta kejahatan lainya.

·       Apabila kita membaca tiap malam sebanyaknya saat sebelum tidur, hingga Alloh hendak melindungi kita dari seluruh kejahatan malam semacam perampok, santet, teluh, guna- guna pelet, tenung serta lainya yang bisa membahayakan kita kala kita lagi tidur.
Aisya ra pula sempat mengatakan kalau: Rasululloh kala mau hendak tidur( saat sebelum tidur), dia senantiasa membaca surat Mu’ awwidzat ialah Al Falaq, An Nas, Al Ikhlas, setelah itu dia meniupkan kedua telapak tanganya, setelah itu di usap pada badan dan kepala.

·       Rasululloh Saw sempat bersabda kalau: Untuk siapa mau memperoleh sesuatu penjagaan Alloh dari orang bernazar berbuat jahat ataupun kurang baik pada kita. ingatlah Al Falaq ini, hingga bacalah ayat tersebut, insyaAlloh Alloh hendak menyelamatkan menurutnya dari seluruh tipu energi dari tiap penipu dan tiap orang- orang yang dengki( Ats Tsaqalayn 5/ 717)

·       Imam Muh Al Baqir sa pula sempat mengatakan kalau: Siapa membaca surat Al Falaq setelah itu membaca An Nas, hingga dirinya semacam telah membaca seluruh kitab suci yang sudah diturunkan pada para nabi( Ats Tsaqalayn 5/ 717)

·       Imam Musa Al Kazhim sa pula mengatakan kalau: Bila hasrat di baca surat Al Falaq 3x dengan An Nas 3x pada anak kecil pada masing- masing malam, setelah itu dibaca Al Ikhlas 100x, hingga Alloh hendak menghilangkan darinya sesuatu penyakit semacam penyakit lambung, darah ataupun kehausan yang di derita anak kecil hingga dia baligh, tetapi setelah dia baligh membaca sendiri, hingga dirinya hendak di jaga Alloh hingga dia meninggal.( Ats Tsaqalayn 5/ 717)

·       Imam Ali Ar Ridha sa pula berkata kalau: Saya dahulu sempat memandang orang pingsan, setelah itu Saya menyuruh orang mengantarkan gelas di isi air putih, kemudian saya membaca Al Falaq, An Nas serta Al Fatihah diatas gelas tersebut serta meniupnya. Setelah itu saya menyuruh orang buat mengusapkan air itu pada wajah, kepalanya, tidak lama setelah itu orang tersebut bangun dari pingsanya, kemudian saya mengatakan kepadanya: InsyaAlloh penyakit itu tidak hendak kembali lagi kepadamu( Ats Tsaqalayn 5/ 718)

·       Sayyidina Ali bin Abi Tholib pula sempat mengatakan kalau: Dia rasululloh saw sempat di gigit kalajengking, kemudian dia setelah itu mengambil air garam yang telah dibacakan kedua surat ialah Al Falaq dengan An Nas kemudian diusapkan terserang gigitan kalajengking tadi.

·       Umar bin Amir sempat menceritakan: Kalau kala dalam ekspedisi bersama rasul tetapi kami tersesat, kemudian dia membaca kedua surat dalam Al Qur’ an ialah Al Falaq dengan An Nas, serta saya pula disuruh dia buat membacanya. Artinya merupakan biar kita tidak tersesat dan di proteksi Alloh dari seluruh keburukan ataupun kejahatan baik tidak nampak ataupun bisa nampak.

·       Terkadang kita sakit sebab kejahatan dari manusia maupun dari syaitan, hingga apabila terserang penyakit sebab sesuatu perbuatan dari syaitan ataupun sebab manusia, bisa bacalah kedua surat Mu’ awwidzat( surat pelindung) ialah Al Falaq 41x, An Nas 41x, hingga insyaAlloh penyakit tersebut hendak lenyap dengan sendirinya.

Ikatan antara Surat An Naas dengan Al Falaq yakni:

ü  Mempunyai iktikad yang sama ialah buat mendapatkan proteksi Alloh dari seluruh keburukan ataupun kejahatan dari manusa, jin ataupun yang lain. Serta berdoa merupakan sesuatu wujud ibadah pula kepada Alloh.

ü  Surat An Naas dengan Al Falaq sama mengarahkan kepada manusia kalau cuma pada Alloh kita berserah diri dan meminta proteksi dari seluruh keburukan maupun kejahatan yang bisa di amati ataupun tidak dapat di amati.
Baca Juga : 10 Keutamaan Membaca Surat Al Hasyr Ayat 21-24 Terakhir
Baca Juga : 10 Keutamaan Membaca Surat Yusuf Setiap Hari
Seperti itu sebagian keutamaan membaca Al Falaq tiap hari, mudah- mudahan dengan membaca postingan saat ini ini tentang khasiat luar biasa salah satu surat di dalam Al Qu’ ran bisa menaikkan kita buat senantiasa membaca surat Al Falaq buat meminta seluruh berbagai keburukan yang bisa jadi dapat terjalin kepada kita. Demikian yang bisa kami sampaikan dalam tulisan saat ini ini, mudah- mudahan bisa berguna untuk kita seluruhnya.