Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

23 Keutamaan Membaca Al Quran Setiap Hari Bagi Kehidupan

Keutamaan membaca Al Qur’an setiap hari memang betul-betul bermanfaat sekali bagi kehidupan kita. Oleh sebab itu, dalam tulisan saat ini akan sedikit memberikan berita perihal sebagian keutamaan membaca Al Qur’an. Bagi sahabat-sahabat yang berkeinginan tahu perihal apa saja keutamaan hal yang demikian dapat membaca tulisan kini ini. Sebetulnya kalau kita membaca setiap hari sampai sampai khatam membaca ayat Al Qu’ran maka orang hal yang demikian akan mendapatkan pahala yang betul-betul besar.
Keutamaan Membaca Al Quran Setiap Hari Bagi Kehidupan
Keutamaan Membaca Al Quran Setiap Hari Bagi Kehidupan
Karena di dalam surah Al Qu’ran terdapat 114 surah, 30 juz dan 6236 ayat dan terbagi atas surat Makkiyah dan madaniyah. Kalau kita di dalam rumah berkeinginan membaca satu surah saja di dalam ayat Al-Qur’an maka kita telah mendapatkan banyak sekali keutamaan bagi pembacanya (pengamalnya). Pertanda hal yang demikian di sebab bahwa setiap surah maupun ayat di dalam kitab suci mempunyai fadhilah, keutamaan maupun keistimewaan yang betul-betul besar.

Keutamaan Membaca Al Quran Setiap Hari Bagi Kehidupan

Sebagai model kalau istiqomah membaca salah satu surah dalam kitab suci ialah surah Al Waqiah,  surat Yasin maupun surah lainnya di dalam Al Qur’an, maka kita akan mendapatkan keutamaan dari surah hal yang demikian. Jadi misal kita sampai khatam maupun sampai mampu menghapal setiap surat-surat dalam Al Qur’an, maka kita tak dapat mengirakan berapa keutamaan yang kita temukan. Pekerti terpenting ialah niat dalam membaca kitab suci sebab Alloh Ta’ala.

Al Qur’an ialah sebuah kitab suci dalam ajaran Agama islam, umat islam menyakini bahwa Al Qur’an kitab yang diwariskan oleh Alloh kepada para Nabi melalui malaikat Jibril. Dikala Rasululloh Saw masih berumuran 40 sampai meninggal pada tahun 632m, umat muslim menghormati kitab suci ialah sebuah mukjizat terbesar Rasulullah Saw, dan ialah dari semua wahyu yang telah di turunkannya Alloh semenjak masa nabi Adam sampai nabi terakhir kita ialah Nabi Muhammad Saw, Kitab suci ialah sebuah tanda bagi manusia ke jalan yang lurus.

Keutamaan Membaca Al Quran Setiap Hari Bagi Kehidupan

Al Qur’an ialah wahyu yang telah diwariskan nabi terakhir kita ialah Nabi Muhammad Saw yang dapat dihasilkan sebagai tanda maupun tanda bagi semua umat manusia. Tulus maupun tanda ini yang dapat menuntun kita kejalan yang lebih bagus serta memperoleh kebaikan dan rahmat dari Alloh.

Nabi Muh Saw bersabda : Bacalah kitab Alloh, sebetulnya dia dapat menghasilkan pemberi syafaat dikala hari akhir zaman bagi para pembacanya (Shahih muslim no 804).
Oleh sebab itu, kalau kita tak malas untuk membaca setiap surat dalam Al Qur’an, maka berapa keutamaan yang betul-betul besar yang kita temukan bagi pembacanya. Jadi jangan bermalas untuk membaca kitab suci dan malahan sebagaian orang merasa tak ada waktu membacanya, walaupun bagi pembaca maupun penghafal Al Qur’an akan mendapatkan pahala yang betul-betul besar sekali sahabatku.

Adab Jika Membaca Al Qur’an

ü  Ikhlas sebab Alloh
Dalil ini ialah hadits yang sahih dari Abu Hurairah ra bahwa :
Alloh SWT berfirman : Apa yang engkau lakukan dengan Al Qur’an ? Daerah berkata : Sebetulnya menuntut ilmu serta mengajarkannya, dan saya membacanya sebab-Mu (HR Muslim).

ü  Berwundhu
Disunnahkan untuk berwudhu telebih dulu kalau berkeinginan membaca kitab suci atau membacanya setelah mengerjakan sholat dari muhajir bin Qanfadz berkata :

Rasululloh Saw bersabda : sebetulnya saya tak menyenangi menyembut nama Alloh selain dalam kondisi suci (Ibnu Majah 350).

ü  Bersiwak
Nabi Muh Saw bersabda : Baguskanlah mulut-mulut kalian, sebab mulut ialah jalan Al Qur’an (Al Jami 3835).

ü  Kalau Tempat Suci
Rasululloh Saw bersabda : Sebenarnya mesjid-mesjid itu ialah tempat suci untuk mengingat Alloh, sholat serta membaca kitab suci (HR Muslim).

ü  Taawudz
Alloh SWT berfirman : Kalau engkau membaca kitab suci, maka mintalah perlindungan kepada-Nya dari sayitan yang terkutuk ( An Nahl 98).

ü  Merendahkan Suara di Ruang Umum
Rasululloh Saw bersabda : Janganlah engkau mengeraskan bunyi kepada orang lain dikala membaca kitab suci (Ash Shaqir 1947).

ü  Tadabbur dan Khusyuk
Al Qur’an ialah kitab suci di turunkan Alloh kepada Rasululloh dan di dalam mempunyai kebaikan dan keberkahan, maka hendaknya kita memahami isi ayat-ayat hal yang demikian.

Alloh SWT berfirman : ini ialah kitab yang Kami turunkan kepadamu yang penuh dengan suatu keberkahan supaya mereka mengamati dalam ayat-ayatnya (QS Shaad 29).

Keutamaan Membaca Al Quran Setiap Hari Bagi Kehidupan

Berikut ialah keutamaan dalam membaca ayat-ayat Al Qur’an.

·       Menciptakan Pahala Cukup Besar
Rasulloh Saw bersabda : Bagi siapa membaca satu huruf saja dari kitab suci, maka dia akan memperoleh satu kebaikan dan di lipat gandakan menjadi 10 kebaikan (Sunan At Tirmidzi no 2910).

·       Menghilangkan Dosa
Sebenarnya perbuatan yang baik akan meniadakan dosa (perbuatan yang buruk) (QS Hud 114).

·       Ibadah Paling Agung
Bagi siapa mengerjakan tanda-Ku, maka dia tak akan sesat dan tak merugi di akhirat (QS Thaha 123).

·       Memberikan Syafa’at (Pertolongan)
Bacalah kitab suci, sebetulnya dia akan menghasilkan pemberi syafaat dikala hari akhir zaman bagi para pembacanya (Shahih muslim no 804).

·       Membuat Manusia Jadi Baik
Rasululloh Saw bersabda : Sebaiknya kalian ialah orang yang telah mempelajari kitabullah serta yang mengajarkannya (HR Al Bukhari no 4739).

·       Memberikan Ketenangan dan Kebahagiaan
Ingatlah, hanya mengingat Alloh, maka hati menjadi lebih damai ( QS Ar Ra’d 13:28).

·       Menciptakan Derajat Lebih Tinggi
Sebenarnya Alloh akan mengangkat derajat bagi hambanya yang beriman dengan adanya kitab kitab suci ini (Ibnu Majah no 218).

·       Sebagai Pedoman Manusia
Rasulloh Saw bersabda : Sebenarnya Al Qur’an ini terhubung di tangan Alloh dan ujung yang lain terhubung di tangan kalian, jadi pegang teguhlah Al Qur’an, maka kalian tak tersesat maupun musnah ( Ibnu Hibban no,22,I/329).

·       Penyembuhan Suatu Penyakit
Hendaknya engkau menerapkan kedua obat ialah madu dan kitab suci (HR Ibnu Mas’ud).

·       Pelindung Dari Penyiksaan Kubur
Bacalah ayat-ayat dalam kitab suci sebab setiap ayat yang di baca akan memperoleh suatu kebaikan, dengan kebaikan itu akan menjadi penolongmu dari siksaan kubur (AT Tirmdzi 2892).

Itulah manfaat maupun keutamaan membaca Al Qur’an setiap hari, dalam membaca Al Qur’an dapat dibaca di malam hari  sebelum tidur maupun di pagi hari setelah mengerjakan sholat, selain diatas keutamaan lain dapat sebagai berikut :

·       Orang membaca kitab suci, akan senantiasa ingat kepada Alloh dan yang akan kembali kepada-Nya.

·       Orang membaca kitab suci, akan memberikan suatu motivasi dan penyemangat.

·       Orang membaca Al Qur’an, Alloh akan dekat dengan kita dan menegur diri kita di setiap ayat-ayatnya.

·       Orang membaca kitab suci juga akan memberikan ketenangan maupun kedamaian seperti dibuktikannya oleh Sayyid Quthb Rahimahullah.

·       Orang membaca kitab suci, akan merasa dalam kecukupan serta di beri nikmat dari Alloh.
·       Orang senantiasa membaca kitab suci, Alloh akan menjaganya sebagaimana telah mengaja ayat-ayat-Nya.

·       Orang yang dapat memahami Al Qur’an, orang yang akan mempunyai banyak ilmu.
·       Orang senantiasa membacanya akan dikasih jiwa yang tenang, hati yang tentram, pikiran yang jernih.

·       Orang yang senantiasa membacanya akan senantiasa berada dalam kegembiraan serta penuh keinginan.

·       Orang yang senantiasa membacanya akan dikasih jalan kemudahan serta tanda bagus dan menginggatkan kita tak tersandung dosa maupun mengerjakan maksiat.

Keutamaan Al Qur’an Bagi Kesehatan

Sebenarnya Al Qur’an juga mempunyai keutamaan bagi kesehatan dapat di jadikan suatu penyembuhan, berikut ini penjelasannya :

·       Terdapat banyak ayat di dalam kitab suci yang mengisyaratkan perihal peng0batan, sebab Al Qur’an hal yang demikian diwariskan sebagai penawar maupun rahmat bagi orang mukmin.

Alloh SWT berfirman : Dan kami turunkan Al Qur’an ialah sebagai penawar serta rahmat untuk orang yang beriman (QS Al Isra 17:82).

·       Dalam ahli tafsiran nama lain Kitabulloh ialah Asysyifa artinya dalam terminologi ialah 0bat penyembuh.

Alloh SWT berfirman : Rupanya datang kepadamu kitabulah yang berisi perihal pelajaran dari Tuhanmu, dan juga sebagai 0bat penyembuh jiwa (QS Yunus 10:57).

·       Al Qur’an juga mengisyaratkan juga perihal peng0batan yang dapat kita jadikan sebagai sumber untuk membikin 0bat.

Alloh SWT berfirman : Maka telah menumbuhkan tanaman-tanaman untukmu seperti korma, madu, zaitu dan lainya, sebetulnya terdapat tanda kekuasaan Alloh bagi orang yang berkeinginan memikirkanya (QS An Nahl 16:11).

Dokter yang bernama AL Qadhi yang mengerjakan penelitian di klinik besar di Florida sukses telah membuktikan bahwa dengan membaca ayat Al Qur’an, seorang muslim dapat menikmati perubahan fisiologis, memperoleh ketenangan jiwa, penurunan depresi dan dapat menangkal bermacam penyakit.  ini tak sembarangan sebab penelitian hal yang demikian di tunjang dengan adanya bantuan kelengkapan medis yang dapat mendeteksi denyut jantung, tekanan darah maupun ketahanan otot. Dalam laporan hal yang demikian dari penelitian di sampaikan dalam konferensi kedokteran islam yang teletak Amerika Utara di tahun 1984 telah menyebutkan bahwa Al Qur’an dapat sebagai ketenangan jiwa dan dapat sebagai penyembuhan penyakit.

Itu juga kareba, Al Qur’an juga dapat memberikan efek besar kepada bayi. Pertanda hal yang demikian di ungkapkan dalam seminar konseling maupun psikoterapi islam di tahun 1997 oleh seorang dokter perempuan bernama Nurhayati, bahwa bayi masih berusia 48 jam di dengarkan ayat dalam kitab suci dapat menunjukan reaksi tersenyum dan menghasilkan bayi menjadi lebih tenang.

Al Qur’an bukan sebuah buku sains maupun sebuah buku kedokteran, melainkan Al Qur’an ialah juga dapat untuk sebagai penyembuhan suatu penyakit, yang diartikan bahwa suatu tanda  dalam kandunganya yang dapat membawa manusia pada kesehatan psikologis, spiritual sampai fisik. Keutamaan Al Qur’an untuk kesehatan ialah dapat dikerjakan dengan membaca dan memahami isinya, berdekatan dengan-Nya.

Alloh SWT berfirman : Dan kalau dibacakan Al Qur’an, maka dengarkan sebaik-baiknnya dan perhatikanlah supaya engkau mendapatkan rahmat (QS Al A’raf : 204).
Baca Juga : 20 Keutamaan Membaca Ayat Kursi Setiap Hari
Baca Juga : 45 Keutamaan Membaca Surat Al Fatihah Untuk Setiap Hari
Itulah keutamaan membaca Al Qur’an setiap hari bagi kehidupan. Tentunya membaca Al Qur’an betul-betul berpengaruh penting bagi kehidupan fisik dan rohani. Semoga dengan membaca tulisan ini dapat menambah motivasi kita untuk senantiasa membaca Al Qur’an setelah selesai mengerjakan sholat.  sekian yang dapat kami sampaikan dalam artikel kini ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita.