Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

24 Keutamaan Membaca Surat Yasin Untuk Setiap Hari

Keutamaan membaca surat yasin setiap hari mungkin sebagian orang belum juga mengetahui apa saja keutamaan bagi kehidupan kita. Oleh karena itu, dalam kesempatan sekarang ini akan menuliskan tentang beberapa keutamaan surat yasin yang sedikit di ketahui oleh banyaknya orang. Nah bagi teman-teman yang belum tahu tentang apa saja keutamaan dari surat ini, maka wajib sekali untuk melanjutkan membaca tulisan dibawah ini ya.
Keutamaan Membaca Surat Yasin Untuk Setiap Hari
Keutamaan Membaca Surat Yasin Untuk Setiap Hari
Surah ataupun disebut surat yasin yakni surat ke 36 dalam Al Qur’an yang terdiri dari 86 ayat, 733 kata dan 3068 huruf termasuk dalam golong surah makkiyah. Surat Yasin adalah salah satu surah di dalam Al-Qur’an yang memiliki suatu keutamaan yang besar sekali dan sangat berkeutamaan bagi pengamalnya, surah ini sering dijuluki sebagai Qalbu Al Qur'an yang artinya jantung Al Qur’an.

Keutamaan Membaca Surat Yasin Setiap Hari

Karena surat ini mengkaji tentang tiga dasar tentang agama yakni nubuwa, ma’ad dan tahuid. Dan surah yang menerangkan tentang hidup kembali makhluk ciptaan Alloh yang sudah mati, maka tidak heran apabila manfaat ataupun keutamaan membaca surat yasin sangat besar bagi kehidupan manusia.

Mungkin kita diberi kehidupan Alloh sampai sekarang ini kita sudah membaca surat yasin hingga ratusan kali, bahkan ada juga orang yang sudah dapat menghafal surah yasin di luar kepala, karena seringnya kita membaca surat yasin hampir setiap hari seperti pada waktu tahillah, menjenguk orang sakit, melayat orang yang sudah meninggal, membaca setiap shalat lima waktu, pengajian saat pembuka maupun penutup majelis ta’lim dan lain sebagainya saat terdapat acara berkumpul secara berjama’ah. Namun apakah saudaraku tahu apa isi yang terkandung dalam surat yasin tersebut ?

Saya juga sering beberapa kali menghadiri undangan pengajian yasinan secara berjamaah. Sedikit dari banyaknya beberapa masyarakat membaca surat yasin hanya sebagai wiridan aja, ada yang tahu dan ada yang tidak tahu isi yang terkandung di dalam surah yasin tersebut. Seperti pada saat saya pertama kali menghadiri acara pengajian yasinan hanya mengikuti saja, namun tidak mengerti apa yang terkandung didalamnya.

Keutamaan Membaca Surat Yasin Setiap Hari

Oleh sebeb itu, saya pun mencoba untuk memahami isi dari surah yasin tersebut dan alhamdullilah selama tiga bulan saya berhasil menghafal surat yasin dan terjemahannya. Hingga saya sering membaca surat yasin di saat sholat tahajud maupun shalat lima waktu. Setelah sering membaca disertai memahami artinya saya mulai merasakan kedahsyatan dari surah yasin ini. Terutama pada ayat 51 yang menceritakan pada saat sangkakala di tiup lalu kemudian semua makhluk yang mati akan bangkit dari kuburnya.

Hingga sampai terbayang ketika manusia telah dibangkitkan dari kubur , ketika berjalan di padang mahsyar hingga semua makluk dibumi berkumpul di hari hisab. Disaat itu mulut kita akan dikunci, yang akan menjadi saksi adalah anggota tubuh kita seperti tangan kaki yang akan berkata jujur. Akan tetapi tidak semua orang yang membaca mengetahui isi kandungan dari surat yasin tersebut.

Keutamaan Membaca Surat Yasin Setiap Hari

Oleh sebab itu, bagi yang belum memahami isi kandungannya, maka mulai sekarang belajar untuk memahami, karena pahala membaca surat yasin sangat besar. Lalu apa saja manfaat ataupun keutamaan membaca surat yasin setiap hari ? Berikut penjelasannya, semoga dapat berkeutamaan.

·       Dikabulkan Hajatnya
Apabila sesorang yang memiliki suatu keinginan yang tidak mustahil, maka bacalah surat yasin sebanyak 41x, kemudian dilanjutkan dengan doa khusus secara istiqomah tiap-tiap selesai sholat subuh, maka Alloh akan menunaikan hajatnya (Kitab Sa’adatud Darain).

·       Dihilangkan dari Ketakutan
Apabila surat yasin dibaca ketika merasa takut karena sesuatu, maka Alloh akan menghilangkan rasa takutnya dan kekhawatirannya terhadap sesuatu.

·       Dilancarkan Rezeki
Apabila seorang fakir senantiasa membaca surat ini paling sedikit dibaca 3x dan paling banyak dibaca 35 kali secara istiqomah, maka Alloh akan meluaskan rezekinya dan di cukupkan kebutuhannya.

·       Untuk Keselamatan Dunia
Apabila dibaca pada waktu selesai mengerjakan sholat subuh, maka Alloh akan mengirimkan malaikat untuk menjaganya sehingga akan selamat dan aman hingga sore tiba. Dan jika dibaca ketika malam, Maka Alloh akan mengirim malaikat untuk menjaganya hingga pagi tiba.

·       Dilipatgandakan Pahalanya
Sabda dari rasulullah Saw : Bagi siapa umatku yang membaca surat yasin, maka sama saja telah mengkhatamkan Al Qur’an sebanyak 10x.

·       Diampuni Dosa-Dosanya
Apabila dibaca surat yasin 11x sehari secara istiqomah setiap malam, maka dosa yang dulu diperbuat walaupun sebesar gunung akan digugurkan oleh Alloh, karena padahal membaca surat yasin sangat besar (HR At Thabrani)

·       Dimudahkan Segala Urusan
Apabila memiliki suatu masalah yang belum terselesaikan maka bacalah surat yasin ini dan berdoalah kepada Alloh, maka Alloh akan memudahkan segala masalah dan memberikan jalan kepada hamba-Nya yang taat (Sunnan Daarimi 2/549)

·       Dijauhkan dari Penyakit Berbahaya
Apabila surat yasin dibaca tiap-tiap hari secara khusyuk, maka Alloh akan menjauhkan segala penyakit berbahaya kepada hamba-Nya.

·       Mati Syahid
Apabila surah yasin dibaca tiap-tiap malam hari secara istiqomah, apabila dia meninggal di malam itu, maka Alloh akan mencatat baginya dalam keadaan mati Syahid (kitab Al Maudhu’at).

·       Keselamatan Akhirat
Apabila orang itu dahulu sering membaca surat yasin, maka Alloh berkenan akan meringankan siksa kuburnya apabila ia telah meninggal (Nur Ats Tsagalayn 4/373).

·       Diberi Syafaat Baginya
Apabila dibaca setiap hari secara istiqomah, maka Alloh akan memberikan syafaat baginya (HR Muslim).

·       Pelindung Sihir maupun Teluh
Surat yasin dapat dijadikan suatu pelindung diri terhadap ilmu hitam seperti sihir maupun teluh bagi pembacaya.

·       Meningkatkan Keimanan Kita Pada Alloh
Apabila surat yasin dibaca dan merenungi isi dari kandungan tersebut, maka akan meningkatkan keimanan kita pada Alloh, karena surah yang menerangkan tentang hidup kembali makhluk ciptaan Alloh yang sudah mati.

·       Disenangi dan Disegani Orang
Apabila surat yasin dibaca setiap hari, maka akan disegani dan disenangi orang-orang atas izin Alloh Ta’ala.

·       Hati Menjadi Tenang
Jika ingin hatinya menjadi tenang dan tidak gelisah, maka bacalah ayat-ayat Al-Qur’an salah satu surat yasin, karena hanya mengingat Alloh maka hati akan menjadi tentram (Ar ra’ad :28).

·       Dimudahkan Keluar Ruh
·       Apabila orang membaca surat yasin pada saat masih hidup, maka ketika datang ajal sakaratul mau, maka Alloh akan memudahkan baginya dalam mencabut ruh tanpa rasa sakit (Al Azhim 6/562).

·       Nabi Muhammad Saw bersabda bahwa : Barang siapa membaca surah yasin pahalanya sama saja mengkhatamkan Al Qur’an sebanyak 10x, dan barang siapa yang membaca mengharap rindha Alloh, maka Alloh akan membalasnya dengan pahala yang besar sebanyak 12 kali mengkhatam Al Qur’an, dan bagi siapa surat ini dibaca kepada orang sakit maupun sakaratul maut, maka sejumlah bilangan huruf dari surah ini 10 malaikat akan datang dan memohonkan ampun kepada-Nya menemani hingga penguburan jenazah (Thabarsi, Majmaul Bayan, jild 8 halaman 254).

·       Imam Shadiq as berkata bahwa : Ketika orang membaca surah yasin sebelum sebelum matahari terbenam, maka sepanjang hari akan dilindungi Alloh dan diberikan rezeki berlimbah hingga matahari terbenam. Dan ketika dibaca sebelum tidur malam hari, maka Alloh akan mengirim 1000 malaikat untuk menjaga pembacanya ketika tidur sampai pagi dari godaan saitan maupun bencana ( Hur Amili, Wasail Al Syiah, jild 4 halama 886).

·       Imam Shadiq as berkata bahwa : Apabila surah yasin dibaca setiap hari, maka Alloh mencatatnya dalam 2000 kebajikan di buku amalnya, dan Alloh bersedia mengugurkan dosa-dosanya, di mudahkan urusanya, di luaskan rezekinya, di jauhkan dari hutang, di jauhkan dari penyakit berbahaya, dimudahkan ketika sakaratul maut dan Alloh sendiri akan mencabut ruhnya, Alloh menjamin kesenagan saat menjelang mati hingga kebahagiaan di akhirat (Hur amili, Wasail Al Syiah, jild 4 halaman 886).

·       Nabi Muhammad Saw pernah bersabda : Bagi siapa membaca Surat yasin secara istiqomah maka ia akan mendapatkan, jika lapar maka akan kenyang, jika haus maka akan menjadi tidak haus, jika bujang maka akan segera menikah, , jika di baca disisi mayit maka di alam kubur akan diringankan siksaannya, jika merasa takut maka akan diberi keamaan, jika berpergian maka akan selamat hingga tujuan, jika sakit maka akan cepat sembuh (Mishbah Kaf’ami halaman 182).

·       Anas bin Malik berkata bahwa Nabi Muh Saw bersabda : Bagi siapa yang hendak mendatangi kuburan orang yang sudah meninggal, kemudian membaca surat yasin hingga selesai, maka pada hari itu Alloh akan meringankan beban siksa kubur dari dosa yang dilakukan mayit pada waktu masih hidup dan Alloh jaga akan memberi kebaikan dari jumlah penghuni kubur yang ada di kuburan itu (Nur Ats Tsaqalayn, jild 4 halaman 373).

·       Imam Ahmad juga menyatakan bahwa : Apabila surah yasin dibaca ketika orang sedang sakaratul maut, maka Alloh akan memudahkan maut itu baginya (Ibn Katsir, juz 3 halaman 571).

·       Sayyiduna Jund ibn Abdullah mengatakan bahwa Nabi Muh Saw bersabda : Jika surah yasin dibaca tiap-tiap malam hari dengan niat untuk mencari ridha Alloh, maka Alloh akan mengugurkan dosa-dosanya yang sudah dilakukan semasa hidupnya (Muwattha’Imam Malik).

·       Sayyiduna Jund ibn Abdullah mengatakan bahwa Nabi Muh Saw bersabda : Jika surah yasin dibaca tiap-tiap malam hari dengan niat untuk mencari ridha Alloh, maka Alloh akan mengugurkan dosa-dosanya yang sudah dilakukan semasa hidupnya (Muwattha’Imam Malik).
Baca Juga : 4 Keutamaan Membaca Surat Taha Ayat 1-5 dan 39
Baca Juga : 25 Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah Untuk Setiap Hari
Itulah beberapa keutamaan membaca surat yasin setiap hari yang belum banyak orang mengetahuinya tentunya. Bagi teman-teman yang tadinya belum tahu keutamaan surat yasin, sekarang jadi tahukan, semoga dengan membaca artikel ini sampai selesai dapat meningkatkan kita untuk selalu membaca surat Yasin ini setiap hari, lebih bagus ketika selesai mengerjakan sholat. Demikian yang dapat kami sampaikan dalam artikel sekarang ini tentang beberapa keutamaan surat yasin, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.