Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Keutamaan Membaca Surat Al Hasyr Ayat 21-24 Terakhir

Keutamaan membaca surat Al Hasyr ayat 21-24 memang banyak sekali yang akan diperoleh. Tapi banyak juga orang yang belum mengetahui tentang keutamaan surat Al Hasyr ini. Oleh karena itu, bagi sahabat-sahabat yang belum tahu apa keutamaan jika membaca surat Al Hasyr setiap hari, karenanya dapat melanjutkan untuk membaca artikel ringkas kini ini, sungguh amat sangat baik keutamaan yang akan kita dapatkan jika berharap mengamalkan sebagai wirid setiap hari.
Keutamaan Membaca Surat Al Hasyr Ayat 21-24 Terakhir
Keutamaan Membaca Surat Al Hasyr Ayat 21-24 Terakhir
Surah atau kita dapat menyebutkan sebagai surat Al Hasyr merupakan surah ke 59 di dalam isi Al Qur’an, surat ini tergolong surah madaniyah yang mempunyai 24 ayat. Surah ini turun berkenaan dengan kisah bani Nadhir pada tahun keempat dari Hijriyah. Perang bani Nadhir terjadi setelah perang Uhud dan sebelum perang Ahzab.

Keutamaan Membaca Surat Al Hasyr Ayat 21-24 Terakhir

Pada kisah hal yang demikian bahwa rasululloh bersama temannya pergi ke bani Nadhir. Setelah tiba disana, mereka menyambut rasululloh dengan gembira, akan tapi beberapa orang menyendiri untuk mengatur cara agar dapat menyingkirkan beliau hal yang demikian. Tapi Alloh pun maha mengetahui segalanya, sehingga rosululloh mendapakan ilham tentang makar mereka ini.

Beliaupun memerintahkan terhadap temannya agar bersiap untuk memerangi bani Nadhir, karena mereka menjalankan penghiyanatan serta membatalkan ikatan perjanjian tenteram antar rasululloh Saw. Jikalau ditulis dari kisah ataupun cerita dari surat Al Hasyr amat panjang sekali tentunya, karenanya dalam kans ini kami hanya menulis dari ayat terakhirnya saja merupakan keutamaan surat Al Hasyr ayat 21-24, karena agungnya isi dari kandungan ayat hal yang demikian.

Keutamaan Membaca Surat Al Hasyr Ayat 21-24 Terakhir

Maka tidak diragukan lagi, jika ayat terakhir dari surah Al Hasyr mempunyai banyak keutamaan bagi kehidupan kita. Malah terdapat testimoni bahwa surah ini dapat membantu dalam menyembuhakan suatu penyakit yang berhubugan dengan kuman ataupun virus atas izin Alloh Ta’ala. Lalu apa saja keutamaan membaca surat Al Hasyr ayat 21-24 ? Berikut penjelasannya.

·       Di Jauhkan dari Gangguan Saitan
Sahabat rasul pernah berdiskusi pada Jin : Hai jin, maukah engkau memberitahu terhadap kami surah apa yang sanggup melindungi kami dari gangguan jin, sebenarnya terdapat surah yang dapat melindungi kalian dari gangguan kami dalam Al Qur’an salah satu merupakan surah Al Hasyr (HR Ibnu Marduwaih).

·       Menghapus Kekeliruan Sudah Dijalankan Segala
Beliau bersabda : Bagi siapa sempat membaca surat hal yang demikian di ayat terakhir, jika dia meninggal saat siang ataupun malam,  karenanya Alloh berkenan menghapus kekeliruan yang sudah di perbuatnya (HR Ibnu Marduwaih).

·       Sebagai Obat Selain Penyakit Kondisi Kematian
Nabi Muhammad Saw bersabda : Malaikat jibril saat itu menurutkan salah satu surah dalam Al Qur’an merupakan surah Al Hasyr, jibril berkata kepadaku : wahai rasul, letakanlah tangan kamu itu di atas kepalamu, karena, sebenarnya ayat ini akan menjadi penyembuh segala penyakit selain kematian (HR Khatib Al Baqhadadi).

·       Doa Menjadi Mustajab
Rasullulah Saw bersabda : jika engkau mempunyai suatu kemauan sesuatu pada Alloh tapi belum di ijabahi, karenanya hendaklah dia setiap permohonanmu pada-Nya bacalah surah ini, karenanya doamu akan lebih mustajab.

·       Meninggal Dalam Sahid
Beliau rasulullah Saw pernah memerintahkan seseorang laki-laki tua yang sudah tidak berdaya di tempat tidur untuk sempat membaca surat hal yang demikian pada ayat terakhir, beliau bersabda :Saat umatku, jika ajal menjemput, maka engkau akan dicatat dalam situasi mati syahid (HR Ibnu Sunni).

·       Memohon Hajat
Jikalau itu rasulullah Saw bersua seorang sahabat bernama Baro’ bin Azib ra, sahabat rasul itu berkata terhadap beliau : Ya rasul maukan engkau memberitahuku agar doaku segera di ijabah oleh Alloh ? Beliaupun menjawabnya : Mendapatkan engkau berharap doa mu akan menjadi mustajab, hendaknya bacalah 10 pertama dari surat Al Hadid kemudian bacalah surat Al Hasyr pada ayat terakhir (HR Ali Abdur Rahman).

·       Tempat Jalan Masuk Surga
Nabi Muhammad Saw bersabda : Mendapatkan ada orang sakaratul maut karenanya tuntunlah dia membaca ayat terakhir dari surah hal yang demikian karena, jika dia meninggal, karenanya dia dapat masuk syurga karena dia mati dalam situasi syahid.

·       Menggantikan Amalan Sudah Terlewatkan
Beliau rasullulah Saw bersabda terhadap temannya : Jikalau engkau membaca surah Al Hasyr saat di pagi hari, karenanya engkau sudha mengejar amalan yang sudah engkau lewatkan pada malam harinya, dan jika dibaca sore hari, karenanya engkau sudah mengejar amalan yang engkau lewatkan siang hari (HR Ibnu Dhoris).

·       Penyelamat Alam Kubur
Nabi Muhammad SAW bersabda : wahai umatku sempatkanlah membaca surat ini setiap-setiap malam sebelum engkau tertidur, karena agungnya surah ini kelak akan menjadi penyelamatmu dari azab kubur.

·       Untuk Keselamatan Dunia
Beliau rasulullah Saw pernah bersabda bahwa : barang siapa membaca surah hal yang demikian pada ayat terakhir ini sebanyak 3x saat pagi hari, karenanya 70.000 malaikat akan turut mendoakan keselamatan baginya hingga sore tiba, dan jika dia meninggal di siang itu, karenanya dia akan di catat sebagai mati syahid, dan barang siapa membaca surah Al Hasyr ayat terakhir ini di sore hari, dan jika dia meninggal di malam itu, karenanya dia juga akan dicatat sebagai orang yang mati dalam situasi sahid (HR Tirmidzi).

Mungkin itu yang dapat kami sampaikan tentang keutamaan membaca surat Al Hasyr ayat 21-24 terakhir diatas, lalu bagaimana bacaan dari surah hal yang demikian, berikut ulasannya :

Bacaan surah Al Hasyr ayat 21-24 bahasa arab dengan latinnya :
Keutamaan Surat Al Hasyr Ayat 21-24 Terakhir
Bacaan Surat Al Hasyr
Artinya :

Ia mana gunung yang tinggi itu di turunkannya  Al Quran, Engkau pasti memandang tunduk terpecah-belah, karenakan takut pada Alloh. Dan misalnya hal yang demikian Kami untuk manusia, agar mereka dapat berpikir. Bahwa Ia-lah Sudah tiada mempunyai hak disembah selain Alloh, Sudah dapat mengetahui mana yang riil ataupun mana yang gaib, Ia-Lah Sudah Maha Pemurah serta Maha Penyayang.

Ia-lah Sudah tiada mempunyai hak disembah selain Alloh, Sudah Maha Suci, Sudah Maha Sejahtera, Sudah mempunyai Selain keagungan, Sudah maha raja, Sudah Mengaruniakan keamanan, Sudah maha perkasa, Sudah maha kuasa, Sudah maha memelihara.

Maha Suci Alloh, dari apa yang mereka persekutukan. Alloh-Lah Maha membentuk rupa, Maha mengadakan, Maha menjadikan, Maha miliki Nama-Nama baik. Bertasbihlah -Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan Ia-lah Maha Perkasa, lagi Maha  (QS : Al Hasyr ayat 21-24)
Itulah beberapa keutamaan membaca surat Al Hasyr ayat 21-24 yang dapat kami sampaikan dalam artikel kini ini. Semoga bagi sahabat-sahabat yang sudah menyempatkan waktu untuk membaca artikel kini dapat meningkatkan kita untuk selalu membaca surat Al Hasyr ini setiap hari. Demikan artikel ini kami tulis, semoga dapat bermanfaat bagi kita.