Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

22 Keutamaan Membaca Surat Al Baqarah Ayat Terakhir

Keutamaan membaca Surat Al Baqarah ayat terakhir yang sangat luar biasa khasiatnya pastinya. Oleh sebab itu, sahabat harus buat membaca postingan saat ini ini tentang sebagian keutamaan Surat Al Baqarah, tetapi saat sebelum mangulas apa saja tentang keutamaan dari Surah ini, hingga sedikit buat memahami sebagian surah dalam Al Qur’ an salah satu Al Baqarah.
Keutamaan Membaca Surat Al Baqarah Ayat Terakhir
Keutamaan Surat Al Baqarah Ayat Terakhir
Saat sebelum bersinambung lebih jauh tentang manfaat Surah Al Baqarah, hingga lebih baik sedikit mangulas tentang surah ini. Surah Al Baqarah ialah Surah ke 2 dalam Al Qur’ an ialah Surah yang memiliki jumlah sangat banyak dalam Al Qu’ ran, sebab terdiri dari 286 ayat. Kemudian mengapa Surah ini dinamakan dengan Al Baqoroh? sebab surah ini mempunyai makna ialah sapi betina, dimana dalam isi isi dari ayat 67- 74 mempunyai cerita tentang menyembelih sapi betina yang telah di perintahkan Alloh pada Bani Israil, tidak hanya itu Al Baqarah pula mempunyai makna ialah Puncak Al- Qur’ an, dimana isi isi tersebut pula muat sebagian hukum serta terakhir Al Baqoroh pula mempunyai makna ialah Alif Lam Mim.

Keutamaan Membaca Surat Al Baqarah Ayat Terakhir

Dalam Surah Al Baqarah ayat 284- 286 dari ayat ini Alloh sudah menyanjung iman Rasululloh saw berserta kalangan mukmin yang telah meneladani keimanan yang absolut tanpa terdapatnya rasa ragu sedikit terhadap apa yang sudah di turunkan Alloh kepada Rasululloh saw, semacam ayat Al Qur’ an, hukum- hukum- Nya, perintah- Nya ataupun larangan- Nya, serta pula yakin terhadap seluruh para nabi utusan Alloh saat sebelum nabi terakhir kita rasululloh saw. Mereka mengatakan kalau: kami sudah mendengar seluruh tuntunan- Mu, Ya Alloh ampuni seluruh kekurangan kami serta kepada Engkau, kami hendak kembali serta mempertanggung jawabkan seluruh perbuatan kami.

Jabir ra berkata kalau: dikala ayat 285 turun, jibril setelah itu mengatakan pada rasululloh saw: Alloh sudah memujimu dan umatmu, hingga memohon pada- Nya, tentu diberi, setelah itu rasululloh saw memohon ialah ayat 286 isinya: Alloh tidak hendak membebani seorang melainkan sesusai dari kesanggupanya. Ayat tersebut berisi sebab Alloh hanya hendak menghisab dalam batasan apa yang dapat di kerjakan oleh hamba- Nya, Alloh tidak hendak memforsir manusia di luar batasan kemampuanya. Hingga dia hendak menerima seluruh amal kebaikan dan menanggung siksa hukum dari amal kejahatanya tersebut, bila melanggar sebab kurang ingat maupun ketidak sengajaan, hingga Alloh hendak mengampuninya.

Rasululloh saw bersabda kalau: Alloh hendak memaafkan untuk umatku 3 perihal ialah kurang ingat, tidak disengaja dan yang dipaksakan kepadanya( HR Ibnu Abi Hatim).

Keutamaan Membaca Surat Al Baqarah Ayat Terakhir

Seperti itu sebagian uraian menimpa ayat 285- 286 terakhir dari Surah Al Baqarah, berikut yakni keutamaan untuk yang mengamalkan surah ini antara lain:

·       Rasululloh saw sempat bersabda kalau: Bacalah Al Boqaroh, karena untuk siapa yang membacanya, hingga dia hendak mendapatkan berkah, serta untuk tidak membacanya hingga mendapatkan penyesalan, dan para penyihir tidak bisa membacanya (HR Muslim 804).

·       Rasululloh saw pula bersabda kalau: Jangan kamu menjadikan rumah kamu semacam kuburan, sebetulnya bila Al Baqarah dibaca dalam rumah, hingga syaitan hendak lari ketakutan (HR Muslim 780).

·       Nabi Muhammad  saw pula bersabda kalau; Bacalah surah dalam Al Qur’ an, sebab dia hendak berikan syafa’ af untuk pengamalnya di hari kiamat (HR Muslim I/ 553).

·       Nabi Muhammad  saw sempat bersabda: Kala di hari kiamat, Al Qur’ an hendak di datangkan bersama pembacanya nanti, yang terdepan ialah surah Al Baqarah dengan Ali Imran, kedua surah ini hendak jadi penolong serta membela pengamalnya pada hari kiamat (Al Munawi 1/ 388).

·       Rasululloh Saw pula bersabda kalau: Apabila 2 ayat terakhir dibacakan, hingga 3 malam saitan tidak bisa masuk kerumah kamu, hingga bacalah Al Baqarah( Shahihul Jaami’ 1799).
·       Nabi Muhammad  saw sempat bersabda kalau: Apabila surah ayat terakhir dibaca masing- masing malam, hingga keduanya sudah mencukupinya (HR Muslim 1341).

Yang diartikan mencukupinya disini yakni dari seluruh keburukan ataupun kejahatan syaitan, urusan dunia ataupun akhirat dan mencukupinya dari kebaikan serta pahala.

·       Ibnu Abas ra pula mengatakan kalau malaikat jibril berseru: Bergembiralah tentang 2 sinar pencerah yang sudah diberkan Alloh kepadamu, karena 2 sinar ini belum sempat diberikan nabi sebelummu yakni Akhir surah Al Baqarah dengan Al Fatihah hingga mintalah kepada- Nya, tentu permintaanmu diberi (HR Muslim 806).

·       Al Qadhi‘ Iyadh pula mengatakan kalau: Apabila istiqomah membaca 2 ayat terakhir dari Al Baqarah, hingga dia hendak mendapatkan pahala besar, karena isi isi tersebut tentang keimanan, penghambaan Alloh, kepasrahan diri dan doa meminta sesuatu kebaikan di akhirat ataupun di dunia (Ikmal Al Mu’ allim 3/ 176).

·       Usaid bin Hudhair sempat menceritakan kalau: kala saya membaca surah ini dimalam hari, seketika kuda itu berteriak, saya diam kuda pula turut diam, kemudian saya membaca lagi kuda itu berteriak lagi. Kala saya memandang ke langit saya memandang sinar. Setelah itu di pagi hari saya bertanya kepada Rasululloh, dia menanggapi itu malaikat turun yang mau mendengar suaraku (HR Bukhari).

·       Nabi Muhammad  Saw bersabda kalau: Sebetulnya seluruh suatu mempunyai puncak, puncaknya Al Qur’ an ialah Al Baqarah, hingga bacalah surah ini, sebetulnya surah ini yakni doa meminta sesuatu kebaikan di akhirat ataupun di dunia (Ikmal Al Mu’ allim 3/ 176).

·       Usman bin Abi (AL)‘ Ash sempat menceritakan kalau: Kala itu rasululloh menjadikanku pemimpi, sementara itu saya tercantum orang sangat muda dari orang- orang yang mau menemui Rasul dari kalangan Tsaqiif, rasululloh juga menanggapi: sesunggunya saya mengangkut engkau jadi pemimpin, sebab engkau telah menghafal surah Al Baqarah (HR Al- Baihaqi).

·       Nabi Muhammad  saw bersabda: Sebetulnya bila doamu mau mustajab, hingga bacalah salah satu Surah ini ialah Al Baqarah, Thahaa serta Ali Imran, sebab ketiga surah tersebut berisi nama Alloh sangat agung (Syarh Musykil Al- Atsar)

·       Apabila ayat terakhir Al Baqarah dibaca di dalam rumah, hingga 3 malam syaitan tidak bisa merambah rumah pembacanya.

·       Apabila ayat terakhir Al Baqarah dibaca tiap hari, hingga pembacanya hendak mendapatkan berkah dari Alloh.

·       Apabila ayat terakhir Al Baqarah saat sebelum tidur, hingga hendak mendatangkan kebaikan dan di proteksi Alloh kejahatan sihir, semacam santet, teluh, guna- guna, kesurupan serta lainya.

·       Surah ini hendak jadi syafaa’ t pagi pembacanya di hari kiamat.

·       Dengan membaca surah ini, hingga doa hendak lebih mustajab di ijabah Alloh.

·       Hendak mendapatkan keutamaan besar apabila orang ingin membaca, menghafal ataupun menghayati dari kedua ayat terakhir dari surah Al Baqarah karena ayat ini mempunyai faktor keimanan, perintah Alloh, kebaikan, dan amal kebaikan di dunia maupun di akhirat (Faidhul Qadir 6/ 197).

Kemudian kapan 2 ayat terakhir dari Surah Al Baqarah dibaca? Bagi sebagian hadits berkomentar kalau surah ini bagus dibaca kala saat sebelum tidur. Aly mengatakan kalau: Apabila tidur tetapi belum membaca ayat sofa dan penghujung Al Baqarah, hingga dia hendak rugi, karena surah ini ialah perbendaharaan di dasar arsy (Ibn Katsir I/ 735).

Keutamaan Surah Al Baqarah Ayat 137- 138

·       Penarik rezeki

·       Buat keselamatan

·       Menguatkan iman pada Alloh

·       Supaya dimudahkan seluruh urusannya
Baca Juga : 99 Keutamaan Membaca Dzikir Asmaul Husna Setiap Hari
Baca Juga : 80 Keutamaan Membaca Dzikir Setiap Hari, Pagi dan Petang
Seperti itu sebagian keutamaan membaca Surah Al Baqarah ayat terakhir yang begitu luar biasa. Pastinya untuk sahabat yang telah membaca postingan saat ini ini, mudah- mudahan dapat menaikkan semangat kita buat membaca tiap Surah dalam Al Qur’ an, salah satu ialah Surah Al Baqarah ini. Nah untuk sahabat sebelumnya yang belum ketahui khasiat dari Surah ini, pastinya saat ini telah ketahui kan khasiatnya. Demikian bisa kami tulisan dalam postingan saat ini, mudah- mudahan bisa berguna untuk kita seluruhnya.