Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

80 Keutamaan Membaca Dzikir Setiap Hari, Pagi dan Petang

Keutamaan membaca dzikir setiap hari baik di pagi hari ataupun petang memanglah banyak sekali manfaatnya yang luar biasa. Oleh sebab itu dalam peluang saat ini ini hendak berbagi kembali tentang sebagian keutamaan dzikir tiap hari. Untuk sahabat yang belum ketahui apa saja keutamaan berdzikir, harus sekali buat membaca postingan saat ini ini hingga berakhir ya.

Alloh SWT berfirman : Sebutlah nama Tuhan- Mu di dalam hatimu dengan metode merendahkan diri dan rasa khawatir kepada- Nya. Serta tidak mengeraskan suaranya, pada waktu petang ataupun pagi hari, serta janganlah engkau dalam kalangan orang yang lali kepada- Nya( QS Al A’ raf 205).
Keutamaan Membaca Dzikir Setiap Hari, Pagi dan Petang
Keutamaan  Dzikir Setiap Hari, Pagi dan Petang
Hingga sebaiknya tiap hari senantiasa mengingat Alloh dengan metode berdzikir/ dzikir kepada- Nya, kamu bisa berdzikir Allahu akbar( takbir), Alhamdulillah, Subhanallah, Laa ilaaha illallah, Astaghfirullah( istighfar) ataupun berdzikir/ dzikir dengan Asma Alloh ialah dari Asmaul husna ataupun bisa kita sebut 99 nama Alloh yang baik.

Keutamaan Membaca Dzikir Setiap Hari, Pagi dan Petang

Dzikir/ berdzikir ialah sesuatu kegiatan maupun ibadah dalam tiap umat islam, perihal tersebut bertujuan dzikir buat menginggat Rabb- Nya serta merupakan salah satu kewajiban yang telah di tulis dalam Al Qur’ an serta di wajibkan untuk seseorang muslim. Dzikir yakni menyebut ataupun mengingat Asma Alloh yang tercantum dalam firman- Nya yang maksudnya kalau buat melafalkan dan merenungkan isi isi dari dzikir tersebut. 

Dzikir/ berdzikir kepada Alloh pula bisa dimaksud kalau kita senantiasa ingat hendak larangan ataupun perintah Alloh, menghindari larangannya dan mentaati perintah- Nya. Alloh pula merintahkan kepada kita biar senantiasa tetap berdzikir/ dzikir kepada- Nya. Dzikir pula ialah ibadah yang di syaratkan.

Alloh SWT berfirman: Wahai orang beriman, berdzikirlah kepada Tuhan- Mu dengan metode berdzikir/ dzikir sebanyaknya, dan bertasbihlah pada waktu pagi ataupun petang kepada- Nya( QS Al Ahzab 41).

Alloh SWT berfirman: Ingatlah kepada Kami, Kami hendak ingat kepada engkau pula, dan bersukurlah kepada- Ku, jangan engkau menghingkari nikmat- Ku( QS Al Baqarah 152).

Keutamaan Membaca Dzikir Setiap Hari, Pagi dan Petang

Apabila tetap mengingat Alloh dengan metode berdzikir/ dzikir, hingga hikmah dzikir hendak bawa keutamaan yang sangat luar biasa untuk kehidupan kita, salah satu jiwa hendak terus terasa tentram. Terkadang dalam menempuh sesuatu kehidupan di dunia, kita tentu hendak menemukan sesuatu permasalah ataupun perkara yang kadang- kadang kita tidak bisa menciptakan jalur serta terdapat pula yang bisa kita selesaikan. Hendak namun seorang belum pasti sanggup menanggulangi perkara batinya sendiri misal khawatir kehabisan jabatan, harta, pangkat serta lain sebagainya.

Sesungguhnya apabila tidak terdapat keberanian ataupun keahlian dalam menuntaskan sesuatu permasalah ataupun perkara, hingga batinya kerap di dera penderitaan, semacam jadi tekanan pikiran, hati risau, tidak tentram ataupun tidak tenang. Sebetulnya perihal itu bisa membuat raga kita sirna apalagi jika telah tidak kokoh hendak melaksanakan perihal nekat buat mengahiri kehidupanya.

Oleh karena itu, apabila kita senantiasa mengingat Alloh dengan metode berdizkir/ dzikir kepada- Nya, hingga jiwanya hendak jadi tenang. Serta dzikir bisa menyadarkan hati tentang hidup yang sebetulnya di dunia ini buat perbanyak ibadah. Hakikat harta, pangkat, jabatan serta lain sebagainya cuma sedangkan, serta hidup yang kekal merupakan di akhirat nanti.

Dalam berdzikir/ dzikir kita meresapkan kalau diri kita kepunyaan Alloh yang hendak kembali kepada- Nya dengan bawa tangung jawab kala masih hidup di dunia. Oleh sebab itu, kita ahrus menguasai dan menyadari kalau dunia bukan tujuan kesimpulannya, tetapi perlengkapan buat perbanyak pahala dan beribadah buat menikmati hidup kekal di akhirat nanti di surga. Kemudian apa saja manfaat ataupun keutamaan berdzikir/ dzikir? berikut uraiannya.

Keutamaan Membaca Dzikir Setiap Hari, Pagi dan Petang

·       Dzikir/ berdzikir bisa mendapatkan sesuatu ketenagan hati serta bisa melenyapkan rasa kecewa, duka, dendam, pilu ataupun tekanan pikiran yang panjang.
Alloh SWT sempat berfirman tentang: Ingatlah kalau dengan meninggat Tuhan kamu hati jadi lebih tentram serta tenang( Q. S. Ar- Rad: 28).

·       Sesungguhnya marah ataupun gusar itu datangnya dari syaitan, serta ingatlah kalau setan itu diciptakan dari api, sebaliknya manusia dari tanah, hingga apabila tidak lekas di padamkan, hingga api hendak jadi membengkak, sehingga bisa terserang sakit jantung maupun stroke. Oleh sebab segeralah berwudhu setelah itu berdzikir / dzikir dengan mengingat Alloh lewat dzikir hingga api hendak jadi padam.

Nabi Muh Saw bersabda kalau: Marah tiba dari syaitan dan syaitan di peruntukan dari api, api bisa di padamkan mengenakan air, hingga hendaklah dia berwudhu serta mengingat Alloh ( HR. Abu Daud).

·       Di Hindarkan dari Kegelapan di mari merupakan mempunyai rasa serba kekurangan, ketakutan, kesempitan, kehinaan ataupun kepanikan. Dengan mengingat Alloh hingga hendak menjadikan hidup lebih mulia, senang, aman, sejaterah, berkecupuan( QS Al Ahzab 43).

·       Bisa terpelihara dari godaan syaitan maupun tipu energi saitan yang bisa menyesatkan kita( QS An Nahl 99).
·       Hendak tetap menemukan pertolongan Alloh, sehingga hendak membagikan jalur keluar apabila ada kesusahan, menemukan rezeki yang tiba tidak terduga, serta Alloh hendak mencukupkan kebutuhan hidupnya( QS At Thalaq 2- 3).

·       Hendak terpelihara dari seluruh perbuatan mungkar ataupun keji( Al Ankabut 45).

·       Hendak senantiasa di perhatikan oleh Alloh dimanapun orang tersebut terletak, sepanjang dirinya senantiasa ingat kepada Tuhan- Nya( QS Al Baqarah 152).

·       Alloh hendak menerima taubatnya dan mengampuni dosanya yang dulu sempat di perbuat serta dosa yang hendak tiba di setelah itu hari, serta Alloh hendak menaikkan untuknya kenikmatan dan membuktikan jalur yang lurus buat memproleh ridha- Nya( QS Al Baqarah 286).

·       Hendak di hindarkan dari sesuatu beban hidup yang berat ataupun beban yang tidak bisa di pikulnya, serta dia hendak terhidar dari siksa kubur ataupun azab( QS Al Baqarah 286).
·       Hendak mendapatkan pahala yang berlipat ganda sebab amal kebaikannya yang sempat mereka kerjakan( QS an Nahl 96- 97).

·       Mendapatkan kehidupan yang baik sampai ajal menjemputnya yang telah di gariskan( QS An Nahl 97)

·       Alloh hendak senantiasa bersamnya meski dimanapun dia terletak( QS Al Hadit 4).

·       Hendak mempeoleh pertolongan dari ribuan malaikat atas izin Alloh dalam mengalami berbagai permasalahan di dunia ataupun dalam akhirat( QS Ali Imran 134- 125).

·       Hendak dimudakan dalam urusanya serta diberikan petunjuk buat mendapatkan jalur yang lebih gampang( Al Lail 7).

·       Alloh hendak membuka untuknya pintu rahmat dan keberkahan dari langit sampai ke bumi( Al A’ raaf 96).

·       Kala di alam barzakh hendak mendapatkan kehidupan baik yang di jamin oleh Alloh( QS Ali imran 169).

·       Bila dia wafat hendak di sambut oleh banyak malaikat serta mengucapkan salam penghormatan( QS An Nahl 32, Al ahzab 44).

·       Kala dia wafat, hingga hendak mendapatkan wajah yang bersinar serta putih kala hari berbangkit( Ali Imran 106- 107).

·       Hendak dimudahkan dikala di hidap dan di timbang seluruh amalannya yang dicoba masih hidup( QS Al Haqqah 19- 21).

·       Serta pula hendak mempeoleh badan ataupun muka yang bercahaya pada waktu berbangkit( QS At Tahrim 8).

·       Di hindarkan dari panasnya api dari neraka( Maryam 72- 73).

·       Hendak mendapatkan timbangan kebalikan lebih berat serta banyak( QS Al Qori’ ah 6- 7).

·       Alloh hendak memasukan ke syurga serta hidup abadi selamanya( Az Zumar 73).

Tidak hanya keutamaan diatas ada manfaat dzikir lain yang tuliskan dari Ibnu Qayyi, Al Jauziyah lewat kitabnya ialah Al Wabilush Shoyyib bahwasanya:

·       Dekat kepada Alloh

·       Bisa merasakan kebesaran Alloh

·       Membuka seluruh pintu ilmu

·       Didapatkan kenikmatan luar biasa

·       Bisa mensterilkan watak munafik

·       Kala di akhirat wajah bersinar

·       Wajah hendak cerah

·       Mensterilkan berbagai kotoran dari hati

·       Buat menghidupkan hati kita

·       Bisa melindungi lidah kita dari perkataan kotor

·       Mendapatkan ketenangan

·       Tidak merugi di hari kiamat

·       Mendapatkan berkah Alloh

·       Mengugurkan dosa

·       Bisa memantapkan badan dan hati kita

·       Bisa melapangkan hati

·       Hendak di tolong Alloh

·       Jiwa lebih dekat kepada Alloh

·       Berdzikir/ dzikir hendak di dengar di langit tertinggi

·       Jadi santapan ruh dan hati

·       Bagaikan Syafaa’ t hari kiamat

·       Bisa jadi pengganti ibadah tathawwu’

·       Hendak mendapatkan syurga

·       Mendapatkan sesuatu kebaikan

·       Hendak mendapatkan pemberian Alloh sangat berharga

·       Hendak dibawah naugan Alloh dikala kiamat

·       Alloh tidak hendak melalaikanya

·       Mendapatkan kebaikan tidak terbatas

·       Bagaikan pintu mengarah Alloh

·       Kenikmatan di syurga

·       Penyatu hati sesema orang beriman

·       Kemuliaan jiwa

·       Hati senantiasa terjaga

·       Jadi lebih taat beribadah

·       Penuh kesyukuran

·       Menjadikan Alloh ridho padanya

·       Mengusir setan dari rumah

·       Di hilangkanya dari perasan pilu, ataupun gelisah

·       Bagaikan penyembuh penyakit

·       Bisa melebutkan hati diri sendiri

·       Buat menolak bala

·       Dicintai Alloh

·       Malaikat hendak mengucap shalawat kepadanya

·       Bisa memudahkan urusan dunia

·       Menjadikan berbuat amal ketaatan

·       Hilangkan rasa ketakutan

·       Menerangi hatinya dan wajah hendak jadi bersinar serta berseri.

·       Disegani ataupun disenangi orang

·       Mendatangkan rezeki yang banyak.

·       Memunculkan rasa kecintaan

·       Hendak melahirkan inabah

·       Hendak dinaikan ke maqam ihsan

·       Mendapatkan kekuatan jasad

·       Bagaikan ketenangan jiwa

·       Hendak jadi orang awal kala berjumpa Alloh

·       Bisa menolak kefakiran

·       Malaikat hendak mohon ampun kepadanya

·       Hendak dibentuk rumah- rumah di syurga
Baca Juga : 99 Keutamaan Membaca Dzikir Asmaul Husna Setiap Hari
Baca Juga : 22 Keutamaan Membaca Surat Al Baqarah Ayat Terakhir
Seperti itu sebagian keutamaan membaca dzikir setiap hari, pagi serta petang, sangat luar biasa bukan, namu masih sedikit orang yang ingin buat melaksanakan dzikir tiap hari, mudah- mudahan dengan membaca postingan saat ini ini hendak menaikkan semangat kita buat senantiasa berdzikir sehabis mengerjakan sholat. Demikian yang bisa kami sampaikan dalam peluang ini, mudah- mudahan bisa bermanfaat untuk kita seluruhnya.