Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

33 Keutamaan Membaca Surat Al Ikhlas Sebelum Tidur

Keutamaan membaca surat Al Ikhlas saat sebelum tidur bisa jadi sebagian orang belum banyak yang mengetahuinya. Nah buat peluang saat ini ini, hendak membagikan suatu data yang sudah di rangkum dalam postingan ini. Buat sahabat yang belum ketahui, hingga pastinya harus membaca postingan kali ini hingga berakhir ya, sebab keutamaan surah Al Ikhlas nyatanya begitu banyak sekali.
Keutamaan Membaca Surat Al Ikhlas Sebelum Tidur
Keutamaan Membaca Surat Al Ikhlas Sebelum Tidur
Tetapi saat sebelum mangulas ke inti dari judul postingan ini, hingga terlebih dulu sedikit buat memahami surah Al Ikhlas. Surah ataupun diucap bagaikan surah Al Ikhlas ialah surah ke 112 dalam Al Qur’ an serta ada 4 ayat, diantara surah yang terdapat dalam Al Qur’ an, Al Ikhlas tercantum kalangan surah Makkiyah, isi dari isi ayat tersebut yang menegaskan tentang keesaan Alloh dan menolak seluruh kemusyrkan serta menarangkan tentang tidak terdapat suatu yang berhak disembah kecuali Alloh.

Keutamaan Membaca Surat Al Ikhlas Sebelum Tidur

Sebagian hadits melaporkan kalau Rasululloh Saw dahulu sempat bersabda tentang Surah Al Ikhlas kalau pahala membaca surah ini sama perihal lagi membaca sepertiga Al Qur’ an, dalam makna apabila surah ini dibaca 3x itu sama maksudnya sudah menghatam Al Qur’ an.

Ada suatu cerita kalau kala Rasululloh bertanya pada teman- temannya tentang mengkhatam kitab suci Al Qur’ an dalam tadi malam saja, kemudian teman rasululloh juga menanggapi itu mustahil, setelah itu rasululloh menarangkan kalau apabila membaca surah Al Ikhlas satu kali hingga seolah sudah membaca sepertiga Al Qur’ an, subhanallah.

Surah Al Ikhlas merupakan surah yang gampang buat di hafalkan apalagi seseorang anak kecil juga saat ini banyak yang hafal, sebab pendeknya dari surah ini. Hendak namun untuk saudaraku apa telah mengenali apa saja keutamaan Surah Al Ikhlas apabila di amalkan secara istiqomah, terkadang banyak orang yang belum mengenali keutamaan yang di peroleh sementara itu bisa jadi tiap hari senantiasa membacanya keteka lagi mengerjakan sholat- sholat.

Keutamaan Membaca Surat Al Ikhlas Sebelum Tidur

Oleh sebab itu, untuk yang belum mengenali apa saja keutamaan ataupun khasiat Al Ikhlas, hingga bisa melanjutkan membaca dibawah ini, serta mudah- mudahan bisa bermanfaat.

·       Rasululloh Saw sempat bersabda: Demi Dzat jiwaku terletak di tangan- Nya, hingga sebetulnya pahala surah Al Ikhlas sebanding sepertiga Al Qur’ an( HR Bukhari 4/ 1915 nomor 4726).

·       Rasul Saw bersabda untuk teman- temannya: Bisakah di antara kamu menyangupi membaca sepertiga Al Qur’ an dalam hitungan malam saja? Teman juga menanggapi: Ya Rasul, itu mustahil untuk kami, setelah itu Rasulullah bersabda kembali: bila engkau tidak dapat membaca sepertiga Al Qur’ an dalam tadi malam saja, hingga bacalah surah ini, sebab sebanding dengan sepertiga Al Qur’ an( HR Bukhari 4/ 1916 nomor 4727).

·       Abu Hurairah mengatakan: Pada dikala itu saya bersama dengan Rasululloh terdengar orang yang lagi membaca Qul Huwallahu Ahad, Rasulullah Saw bersabda: sudah harus, setelah itu saya bertanya: wahai rasul, apa yang harus? Rasululloh Saw menanggapi: masuk surga( HR Tirmidzi 5/ 167 nomor 2897).

·       Rasululloh Saw sempat bersabda kalau: Bacalah surah Al Ikhalas, An Naas serta Al Falaq, hingga Alloh hendak melindungi kamu dari seluruh keburukan( HR Nassa- i 8/ 251 nomor 5430- 5431).

·       Kala itu Rasululloh Saw masuk dalam masjib serta berakhir mengerjakan shalatnya, dia mendengar seseoorang yang lagi berdoa dengan arti surah Al Ikhlas buat meminta ampun pada Alloh, kemudian Rasulullah Saw bersabda: sangat dia sudah di ampuni dosa- dosanya, dia berkata 3x kali( HR Abu Dawud 1/ 259 nomor 985).

·       Anas ra mengatakan: Terdapat teman yang bertanya kepada Rasululloh Saw: Ya Rasul, Sebetulnya saya menyayangi surah ini, kemudian Rasululloh Saw bersabda: kecintaamu terhadap surah itu bisa membawakanmu masuk syurga( HR Al Bukhari, 1/ 268 nomor. 741).

·       Jarir Al Bajali ra mengatakan: Untuk siapa terbiasa bila mau merambah rumahnya, hingga Alloh hendak melenyapkan kemiskinan owner rumah tersebut( HR Thobroni).

·       Anas ra mengatakan: Apabila masing- masing hari membaca surah ini kala lagi berdiri, berjalan ataupun duduk, baik pagi, siang ataupun malam saat sebelum tidur, apabila ia wafat, hingga Alloh hendak mengirimkan 70000 malaikat buat turut mensholatkanya, sebab surah tersebut mempunyai sifat- sifat dari Tuhan- Mu( Ibnu Dhoris).

·       Anas ra mengatakan: Untuk siapa surah dibaca 200x, hingga Tuhan kamu hendak mencatat menurutnya 1500 kebaikan, dosa kecil sepanjang 50 tahun hendak di hapus, kecuali jika dia memiliki hutang( HR Tirmidzi, Abu Ya’ la).

·       Anas Ra mengatakan: Bila surah Al Ikhlas dibaca 100x dalam kondisi suci baik tubuh ataupun tempat, hingga Alloh mencatat tiap huruf dalam 10 kebaikan, menaikan 10 derajatnya serta menghapus 10 keburukan, serta medatangkan malaikat yang bisa mengusir syaitan( HR Ibnu‘ Adiy).

·       Ali ra mengatakan: Untuk siapa mau berpergian jauh, dikala mau meninggalkan rumahnya setelah itu memegang kedua sisi pintu depan kemudian membaca Al Ikhlas 11x banyaknya, hingga Alloh hendak melindungi ia serta memelihara rumahnya sampai dia kembali( HR Ibnu Najjar).

·       Abdullohh bin Syukhoir ra berkata : Bila orang yang sakit keras masing- masing hari membaca surah ini, hingga jika dia wafat di hari itu, hingga ia tidak hendak di ribetkan di alam kubur, serta selamat dari fitnah- fitnah kubur( HR Thabroni).

·       Ali ra mengatakan: Bila surah di baca sehabis mengerjakan shalat subuh 10x banyaknya, hingga ia hendak di jaga oleh Alloh dari kendala syaitan( HR Ibnu Asakir).

·       Anas ra mengatakan: Bila surah ini dibaca 30x banyaknya tiap hari, hingga Alloh melepaskan menurutnya dari siksa serta adzab neraka( HR Abu Muh Hasan bin Amad as Samarqandi).

·       Muh bi Munkadir ra berakta: Dikala Rasululloh Saw mendengar seorang lelaki lagi membaca surah ini dalam masjid secara tartil sampai berakhir secara berulang- ulang, Rasululloh Saw setelah itu bersabda: saat ini mintalah suatu pada Alloh, hingga Alloh hendak mengijabahinya( HR Said bin Manshur).

·       Rasululloh Saw: Untuk siapa membaca surah Al Ikhlas 1x, hingga dia sama saja mendapatkan pahala sepertiga Al Qur’ an.

·       Sayyidah‘ Aisyah Untuk siapa membaca surah- surah dalam Al Qur’ an ialah surah An Nass, Al Fatihah, Al Falaq serta Al Ikhlas 7x banyaknya dibaca pada hari jum’ at, hingga Alloh hendak melindungi dari kejahatan sampai hari jum’ at yang hendak tiba.

·       Abu Sa’ id Khanafi mengatakan: Untuk siapa surah Al Ikhlas dibaca secara istiqomah serta ikhlas, hingga Alloh hendak mempermudah urusan di dunianya, kala dia sakatul maut Alloh hendak mempermudah ruh keluar, dikala dia wafat Alloh hendak menerangi kegelapan kuburanya.

·       Rasululloh Saw: Untuk siapa surah Al Ikhlas dibaca 3x, hingga pahalanya sebanding sudah menghatam Al Qur’ an.

·       Oleh siapa yang mau hutang kilat lunas, di luaskan rezeki, kilat memiliki anak ataupun seluruh hajat, hingga sebaiknya dia: mengerjakan shalat 4 rakaat sekali salam.

ü  Pada rakaat awal Al Fatihah dibaca 1x setelah itu di lanjut membaca surah Al Ikhlas 11x.

ü  Pada rakaat kedua Al Fatihah dibaca 1x setelah itu dilanjutkan membaca surah Al Ikhlas 21x.

ü  Pada rakaat ketiga Al Fatihah dibaca 1x setelah itu dilanjutkan membaca surah Al Ikhlas 30x.

ü  Pada rakaat keempat Al Fatihah dibaca 1x setelah itu dilanjutkan membaca surah Al Ikhlas 41x.

Sehabis salam setelah itu dilanjutkan dengan membaca surah Al Ikhlas 50x, Sholawat Nabi 50x, istighfar 50x, serta membaca laa haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim 50x, setelah itu berdoalah kepada Alloh, hingga insyaAlloh, hajat hendak terkabulkan.

·       Bila mempunyai sesuatu hajat, hingga surah Al Iklhas dibaca 1000x banyaknya sehabis mengerjakan shalat maghrib, setelah itu sebutkan permohonan pada Alloh, insyaAlloh apa yang di iktikad hendak terkabulkan.

Keutamaan Membaca Surah Al Ikhlas 100x Tiap Hari

Apabila istiqomah dalam mengamalkan membaca surah Al Ikhlas hingga hendak mendapatkan atas izin Alloh antara lain:

·       Bagaikan Mahabbah.

·       Pelindung Seluruh Ilmu Gelap Semacam Sihir, Santet ataupun Tenun.
.
·       Meluaskan Rezeki.

·       Buat Benteng Diri.

·       Di Hindarkan dari Penyakit( Buat Kesehatan).

·       Bagaikan Pengobatan.

·       Membuka Jilbab Lahir serta Batin.

·       Mendapatkan Pahala Besar.

·       Di Gugurkan Dosa- Dosanya.

·       Di Kabulkan Hajatnya.

·       Bebas dari Fitnah dan Siksa Kubur.

·       Di Hindarkan dari Bahaya Ataupun Malapetaka.
Baca Juga  : 10 Keutamaan Membaca Surat Ar Rahman Untuk Setiap Hari
Baca Juga  : 45 Keutamaan Membaca Surat Al Fatihah Untuk Setiap Hari
Seperti itu sebagian keutamaan membaca surah Al Ikhlas saat sebelum tidur, meski surah ini cuma mempunyai 4 ayat saja, tetapi khasiat yang di bisa sangat besar sekali. Perihal tersebut sebab agungnya isi dari surah Al Ikhlas ini. Nabi Muhammad SAW bersabda: bila di baca 1x surah ini sama perihal membaca sepertiga Al Qur’ an, serta bila di baca 3x sama perihal menghatam Al Qur’ an, sangat besar pahala membaca surah ini terlebih bila dibaca sebanyak 41x tiap hari. Nah untuk sahabat yang telah membaca postingan ini mudah- mudahan bisa menaikkan semangat buat tetap membaca surah Al Ikhlas secara istiqomah. Demikian sebagian data yang bisa kami sampaikan dalam postingan saat ini ini, mudah- mudahan bisa membagikan manfaat untuk kita seluruhnya.