Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Keutamaan Membaca Surat Ar Rahman Untuk Setiap Hari

Keutamaan membaca surat Ar Rahman setiap hari sangat banyak sekali semacam pada surat Al Waqiah, hingga buat peluang saat ini kami hendak berbagi kembali tentang sebagian keutamaan membaca surat Ar Rahman. Nah untuk sahabat yang belum ketahui apa saja keutamaan surat Ar Rahman hingga ikuti penjalasan dalam postingan saat ini ini.
Keutamaan Membaca Surat Ar Rahman Untuk Setiap Hari
Keutamaan Membaca Surat Ar Rahman Untuk Setiap Hari
Surat ar rahman yakni surah yang ke 55 dalam kitab suci Al Qur’ an yang terkategori dalam surah makkiyah. Surah ini ada 78 ayat. Ar Rahman yang maksudnya Maha Pemurah serta sebagian besar surat yang menerangkan kemurahaan Alloh kepada hamba- Nya ialah dengan metode Alloh membagikan sesuatu nikmat- nikmat.

Keutamaan Membaca Surat Ar Rahman Setiap Hari

Di dalam surat Ar rahman ada 31 kali kalimat kesekian ialah Fa- biayyi alaa’ i Rabbi kuma tukadzdzi ban terjemahan maksudnya“ Hingga nikmat Tuhanmu yang manakah engkau dustakan? Lewat ayat ini sesungguhnya Alloh sudah berikan sinyal oleh kita atas watak kita yang pelupa, tidak mau berfikir serta kufur nikmat.

ü  Manusia Merupakan Mahkluk Pelupa
Tekadang manusia kurang ingat oleh apa yang di bagikan Alloh kepada kita, bagaikan contoh di karunia rezeki berlimpah oleh Alloh lewat usahanya, mereka berfikir kalau kesuksesan itu yakni hasil kerja kerasnya sendiri, tetapi kala manusia mengalami permasalahan susah, sulit ataupun membahayakan, barulah ingat kepada Alloh.

ü  Tidak Mau Berfikir
Terkadang manusia pula tidak mau berfikir apa saja yang sudah Alloh bagikan kepada kita hingga saat ini. Oleh sebab itu, sebaiknya kita senantiasa bersyukur atas apa yang diberikan oleh Alloh kepada kita.

ü  Kufur Nikmat
Terkadang manusia tidak bersyukur apa yang Alloh bagikan kepada kita, sesungguhnya dari kita hidup diberikan nyawa itu merupakan nikmat Alloh, tanpa itu bisa jadi kita tidak terdapat di dunia ini, sesungguhnya banyak sekali nikmat Alloh yang sudah diberikan semacam, kesehatan, jodoh, rezeki serta usia panjang, tetapi terkadang kita kurang ingat buat mensyukurinnya.

Keutamaan Membaca Surat Ar Rahman Setiap Hari

3 watak inilah yang di miliki oleh manusia, mudah- mudahan Alloh mengampuni dosa- dosa kita. Amin. Berikut keutamaan membaca surat Ar rahman, mudah- mudahan bermanfaat.

·       Rasululloh Saw bersabda kalau: Untuk siapa membaca surah dalam Al Qur’ an ialah ar rahman, hingga Alloh hendak tetap mencintai kelemahannya dan Alloh hendak meridhai nikmat- nikmat yang di karuniakan oleh- Nya( Nur Ats Tsaqalayn 5/ 187).

·       Imam Ja’ far ash shadiq pula sempat mengatakan kalau: Jangan engkau tinggalkan buat membaca surat Ar rahman serta bangunlah bersamanya, sebab kala hari kiamat sudah datang, tidak terdapat orang yang berdiri lebih dekat dari padanya kecuali orang senantiasa membaca surat Ar rahman. Alloh SWT berfirman: Siapa orang yang bangun tengah malam bersamamu serta sudah tekun membacamu, kemudian surat itu menanggapi: Ya Rab, fulan bin fulan, setelah itu wajah orang yang kerap membacanya hendak jadi putih, Alloh berfirman kembali: Berilah syafaat kepada orang yang menyayangi kamu, kemudian dia menanggapi serta berikan syafaat untuk mereka, Alloh berfirman kembali. Masuklah engkau ke surga, tinggalah bersamanya di dalamnya sebagaimana yang engaku mau( Tsawabul A’ mal 117).

·       Imam Ja’ far ash shadiq mengatakan kalau: Untuk siapa kala membaca dikala kalimat Fa- biayyi alaai Rabbi kuma tukadzdzi ban kemudian menanggapi La bisyay- in min alaika Rabbi akdzibu, kala dibaca surah ar rahman pada malam hari, seandainya pembacanya mati, hingga Alloh mencatat dia wafat dalam kondisi syahid. Serta pula seandainyaa di baca pada siang maupun pagi hari, hingga Alloh pula hendak mencatat dia wafat kondisi syahid( Tsawabul Amal 117).

·       Apabila saat ini masih belum memperoleh jodoh, hingga ingatlah kepada Alloh, sebab jodoh, mati ataupun rezeki terdapat di tangan Alloh. Alloh pula mempunyai watak Maha Pemurah, hingga sebaiknya meminta kepadanya dengan dimulai dengan membaca surat Ar Rahman ini secara istiqomah, setelah itu di tutup dengan berdoa kepada- Nya, hingga insyaAlloh apa yang di mau hendak tercapai, sebab jodoh pula dari nikmat Alloh yang di bagikan kepada kita.

·       Surat ar rahman pula bisa sebgai mahar nikah. Hingga apaibla kita tidak mempunyai mahar berbentuk pakaian, cincin ataupun lain sebagainya, hingga bisa dicoba dengan metode hafalan Al Qur’ an salah satu menghafal surat ar rahman( HR Bukhari nomor 5029).

·       Alloh Swt berfirman: Bagikan mahar pada perempuan yang engkau mau nikahi sebagian pemberian penuh kerelaan( QS An Nisa 4).

Keutamaan Dzikir Ar Rahman

·       Apabila saat ini mempunyai perasaan takut, risau serta tertekan serta lain sebagainya. Hingga bacalah ar rahman sebanyaknya. Dikala membacanya hingga bayangkan serta rasakan kasih sayang Alloh sepanjang ini, hingga insyaAlloh hati hendak jadi tentang.

·       Bila mau mengharmoniskan ikatan keluarga, hingga bacalah ar rahman sebanyaknya kala berakhir melaksanakan shalat, bila dapat jalani metode menahan napas, contoh kala menahan napas baca ar rahman, setelah itu dikala menghembuskan napas baca doa kepada Alloh supaya diberikan kedamaian dan kasih sayang sesama keluarga, hingga insya Alloh ikatan keluarga hendak jadi harmonis.

·       Apabila senantiasa istiqomah membaca ar rahman masing- masing berakhir mengerjakan shalat sebanyaknya. Hingga badan hendak mendapatkan aura kasih sayang, dimana orang yang terletak dekat dengan kita hendak merasa aman serta mengasyikkan, amalan ini sangat bagus sekali diamalkan oleh orang dagang, pembisnis, pengusaha maupun perkerjaan lain yang memerlukan komunikasi banyak orang, insya Alloh hendak mendapatkan kemudahan dalam melaksanakan usaha kamu.

·       Apabila senantiasa membaca ar rahman pula hendak dikasihi dan di cintai Alloh sejauh waktu, sehingga hendak bebas dari kesukaran, kesempitan ataupun kegelapan hidup di dunia maupun nanti di akhirat.

Kesimpulan:

Kata ar rahman secara luar dapat di artikan watak kasih sayang Alloh pada seluruh makhluk- Nya, Ar Rahman yakni suatu asma Alloh yang mempunyai nikmat yang panjang.
Banyak orang tidak mensyukuri nikmat Alloh yang sudah diberikannya kepada kita, contoh nikmat di dunia tersebut berbentuk kesehatan, rezeki, jodoh, usia serta lain sebagainya. Oleh karena itu, perbanyaklah bersyukur kepada- Nya.

Kita hendak jadi ingat kalau Alloh mempunyai watak Maha Pemurah, sebab Alloh senantiasa penuhi kebutuhan tiap hamba- hamba- Nya, meski kita senantiasa tidak mensyukurinya. Serta ingatlah kalau rezeki, jodoh mati itu terdapat di tangan Alloh.
Bisa jadi sedikit dari banyaknya orang yang sudah melaksanakan kufur nikmat, dimana dia merasa kekurangan, merasa tidak adil serta tidak ingin bersyukur apa yang kita miliki saat ini ini, hingga celakalah orang yang kufur nikmat tersebut, tetapi bila kita tetap senantiasa menysukuri apa yang Alloh beri, hingga Alloh hendak menaikkan nikmat itu kepada- Nya, sebab Alloh hendak bersama dengan orang- orang yang tabah.

Kemudian kapan waktu yang baik buat mengamalkan surat Ar Rahman? sesungguhnya tidak terdapat waktu spesial buat membaca surat ini, jadi boleh di baca kala mengerjakan shalat maupun kala waktu luang. Yang terutama merupakan mangulas secara ikhlas, istiqomah serta lebih bagus buat menguasai isi isi dari surat tersebut, bila belum terbiasa buat membaca cobalah buat istiqomah mangulas dalam 7 hari, 40 hari, 100 hari serta seterusnya.
Baca Juga  : 45 Keutamaan Membaca Surat Al Fatihah Untuk Setiap Hari
Baca Juga  : 33 Keutamaan Membaca Surat Al Ikhlas Sebelum Tidur
Seperti itu sebagian keutamaan membaca surat Ar Rahman setiap hari yang sangat luar biasa sekali. Sesungguhnya tidak terdapat batasan waktu buat membaca doa ataupun dzikir dari Ar Rahman ini serta sangat baik diamalkan buat bunda berbadan dua pula, jadi boleh di baca waktu luang, hendak namun waktu terbaik buat mengamalkannya merupakan sehabis mengerjakan sholat 5 waktu, tahajud ataupun dhuha. Cobalah buat istiqomah ngamalkan surat ini misal dalam 7, 14, 40 hari serta terus menerus. Demikian sebagian data yang bisa kami sampaikan dalam postingan saat ini ini tentang kedasyatan keutamaan surat Ar Rahman, mudah- mudahan kita senantiasa tetap mengamalkan buat membaca surat ini.