Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Keutamaan Membaca Ayat Kursi Setiap Hari

Keutamaan membaca ayat kursi setiap hari bisa jadi banyak orang yang belum mengetahuinya. Hingga dari itu dalam peluang saat ini ini hendak berbagi menimpa khasiat maupun keutamaan membaca ayat kursi tiap pagi ataupun malam hari baik di baca 7x, 18x, 100x apalagi 1000x yang terutama merupakan tidak terdapat keterpaksaan buat membaca ayat- ayat Alloh tiap sholat.
Keutamaan Membaca Ayat Kursi Setiap Hari
Keutamaan Membaca Ayat Kursi Setiap Hari
Ayat kursi ataupun bisa diucap dengan Ayatul kursi ialah ayat ke 255 dalam surah Al Baqarah, ayat tersebut menarangkan tentang ciri kebesaran serta keagungan Alloh. Surat ini diturunkan kala dia Nabi Muh Saw lagi hijrah kota Makkah ke kota Madinah. turunnya surah tersebut diantarkan oleh banyak malaikat serta seluruh saitan ataupun mahkluk sebangsanya jadi marak sebab turunnya surat ini.

Keutamaan Membaca Ayat Kursi Setiap Hari

Sebagian para ulama membagikan 4 pengertian dari arti kata kursi ialah: kursi yakni ruangan yang mempunyai kapasitas besar yang melebihan lagit serta bumi, kursi yakni kerajaan ataupun kekuasaan Alloh, kursi yakni ilmu Alloh yang mengendalikan mahkluk yang sudah diciptakan di bumi, kursi yakni simbol dari kebesaran ataupun keagugan Alloh.

Muh bin Al Hanafiya pula sempat berkata kalau: kala surat tersebut diturunkan Alloh, ribuan malaikat turut mengatarkanya dan bersujud kepadanya, syaitan- syaitan belarian jauh sebab kepanasan (HR Muslim). Ada banyaknya hadits- hadits yang menarangkan tentang fadhilah, keutamaan ataupun keistimewaan dari salah satu ayat sangat mulia di dalam Al Qur’ an, sehingga ribuan malaikat turut membawakan turunnya surah mulia tersebut.

Keutamaan Membaca Ayat Kursi Setiap Hari

Hingga tidak diragukan lagi apabila fadhilah, keutamaan ataupun keistimewaan dari ayat kursi sangat luar biasa, oleh sebab itu, untuk yang belum mengenali apa saja khasiat maupun keutamaan ayat kursi? Berikut penjelasannya.

·       Rasulullah Saw bersabda: Untuk siapa saat sebelum tidur hendak membaca surat ini 1x, hingga Alloh mengirim malaikat buat melindungi sampai pagi hari datang, sehingga saitan tidak berani menggangu ataupun mendekat( HR Bukhari).

·       Syekh Al Bunni berkata: Untuk siapa ayat kursi dibaca sebanyak hitungan hurus ialah 170 x. hingga Alloh membagikan pertolongan kepadanya, diluaskan rezeki, hajatnya dikabulakan, diberikan apa yang sudah dituntutnya, melapangkan pikiranya dan dihilangkan dari kedukaan.( kitab tafsir Al Qudsi).

·       Rasulullah Saw bersabda: Apabila surah tersebut dibaca 7 kali tiap jum’ at pagi ataupun setelah salah sunnat 2 rakaat, insyaAlloh hendak bebas dari seluruh marabahaya.

·       HR Thabarani dituliskan: Ayat kursi merupakan ayat yang menerangkan tentang keagungan serta kebesaran Alloh, jadi bacalah ayat kursi sehabis shalat fardhu. Hingga insyaAlloh pahala yang di bisa hendak menyelamatkanmu dari neraka.

·       Imam Ghazali berkata: Untuk siapa surat ini dibaca secara khusyu’ sehabis sholat fardhu, kala pagi ataupun petang, ataupun di tiap keluar masuk rumah, hingga ia hendak terpelihara dari godaan syaitan, kesehatan jasmani, fauna buas, kebakaran, harta barang dari pencuri, diselamatkan dari kejahatan manusia, keselamatan, serta dipeliharalah ia, keluarga dan anak- anaknya.( kitab Khawasul Qur’ an).

·       Syeikh Abu Abbas berkata : Untuk siapa ayat kursi dibaca sebanyak hitungan kata dalam 50 kali, kemdian hembuskan air hujan tersebut kemudian diminum. insyaAlloh mencerdaskan ide fikir, serta mempermudah ataupun menerima ilmu pengetahuan.( kitab Khazinatul Asrar).

·       Kitab Asraaul Mufidah dituliskan: Untuk siapa surat tersebut dibaca sebanyak 18 kali, Insyalloh hendak hidup berjiwa tauhid, dimurahkan rezeki, orang hendak menghormati ataupun segan kepadanya, diangkat drajatnya, dibukakan bermacam hikmah, serta dia hendak dipeliharan oleh Alloh.

·       Syeikh Abu Abbas berkata: Untuk siapa surat ini dibaca tiap hari, hingga ia hendak dicintai ataupun dipelihara Alloh sebagaimana Ia memelihara Nabi Muh Saw.

·       Kitab Durrulmantsur dituliskan: Di antara surat di dalam Al Qur’ an, salah satu ialah surat Al
·       Baqarah, serta diantara ayat dalam surat Al Baqarah yang sangat terbanyak ialah merupakan ayat Kursi, hingga sebetulnya setan melarikan diri dari rumah, bila dalam rumah dibaca ayat kursi ini.

·       Imam Ghazali berkata: Alloh menghasilkan kursi yang sudah di kelilingi 7 langit ataupun 7 bumi, kursi itu sudah di susun bagikan bundaran ditengah yang luas, kiri ada 10. 000 kursi serta yang di kanan pula terdapat 10. 000 kursi. Serta diatas itu ada malaikat yang lagi duduk serta mencantat pahala orang- orang. Untuk siapa yang membaca ayatul kursi ini sebanyak- banyaknya, hingga Alloh membagikan pahala sebesar surah tersebut itu.

·       Ma’ qal bin Yasir berkata: Ayat kursi merupakan jadi benteng, hingga bacalah surah tersebut tiap hari hingga hendak terhidarnya dari kecerobohan, pencuri, karena surah ini hendak jadi benteng.

·       Imam Ghazali menarangkan: Untuk siapa mengamalkan ayat kursi, ia hendak memperoleh proteksi ataupun pertolongan Alloh, serta dihindarkan dari godaan syaitan maupun hasutan syaitan.

·       Untuk siapa tetap membaca ayat kursi setelah sholat harus, Hingga hendak di proteksi oleh Alloh sampai sholat yang lain datang.

·       Untuk siapa ayat kursi dibacakan orang yang lagi sekarat, Alloh hendak mempermudah pengambilan rohnya serta ia semacam orang lagi berperang dengan Nabi sehingga hendak dicatat bagaikan mati syahid.

·       Apabila berpindah rumah baru tetapi nyatanya angker, hingga dikala malam awal menduduki rumah baru, bacalah surah tersebut 100x banyaknya. insyaAlloh keluarga hendak bebas kendala lahir dan batin.

·       Syekh Al Bunni menarangkan: Untuk siapa surah ini dibaca di akhir tiap mengerjakan sholat fardhu. Alloh hendak menganugerahkan rahmat kepadanya.

·       Abdullah bin Amr ra berkata: Untuk siapa membaca surat ini kala dikala dalam kesempitan. InsyAlloh Alloh berkenan membagikan pertolongan- Nya kepadanya.

·       Syaikhul Kabir Muhyiddin menarangkan: Untuk siapa ayat kursi dibaca 1000 x tiap hari sepanjang 40 hari. Hingga Alloh hendak membukakan ia pemikiran rohani, dicintai Alloh, diluaskan rezekinya, dipeliharan Alloh, dan orang hendak jadi hormat dan segan kepadanya( kitab Khawasul Qur’ an).

·       Abdurrahman bin‘ Aur berkata: Apabila hendak masuk kerumah, bacalah surah ini dalam 4 penjuru, hingga ayat kursi ini hendak jadi pengaja ataupun pendinding dari mahkluk semacam saitan ataupun jin.
Baca Juga : 23 Keutamaan Membaca Al Quran Setiap Hari Bagi Kehidupan
Baca Juga : 45 Keutamaan Membaca Surat Al Fatihah Untuk Setiap Hari
Seperti itu sebagian keutamaan membaca ayat kursi setiap hari, pasti keutamaan tersebut luar biasa sebab keagungan dari surah ini, apalagi dikala di turunkan ayat kursi ini, ribuan malaikat pula turut mengantarkannya. Mudah- mudahan untuk sahabat yang telah membaca postingan saat ini ini hendak jadi mengerti tentang keutamaan ayat kursi serta menaikkan kita buat senantiasa membacanya tiap hari. Demikian yang bisa kami sampaikan dalam peluang saat ini, mudah- mudahan bisa berkeutamaan untuk kita seluruhnya.