Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Keutamaan Aqiqah Bagi Anak dan Untuk Orang Tua

Keutamaan aqiqah bagi anak serta orang tua bisa jadi banyak orang belum mengetahuinya. Oleh sebab itu, dalam peluang saat ini ini hendak berbagi data tentang sebagian manfaat akikah. Nah untuk orang tua yang belum ketahui apa saja manfaat aqiqah untuk anak, hingga bisa melanjutkan buat membaca postingan saat ini ini.
Keutamaan Aqiqah Bagi Anak dan Untuk Orang Tua
Keutamaan Aqiqah Bagi Anak dan Untuk Orang Tua
Sesungguhnya apa itu Aqiqah ? Yang di maksudkan aqiqah merupakan pengurbanan hewan semacam kambing ataupun domba pada hari 7 dari kelahiran balita yang baru lahir, tujuan dari aqiqah ini ialah ungkapan rasa syukur ataupun rahmat yang Alloh sudah diberikan kepada kami berbentuk kelahiran si anak. Sangat merasa senang sekali kedua orang tua sudah memperoleh generasi, sebab banyak sekali orang yang belum mempunyai anak, sementara itu telah bertahun- tahun menikah tetapi belum di karuniai generasi. Oleh karena itu, untuk saudaraku yang telah mememiliki seseorang anak hingga harus mengucapkan rasa bersyukur.

Keutamaan Aqiqah Bagi Anak dan Untuk Orang Tua

Bisa jadi banyak orang bertanya apakah hukum aqiqah itu harus ataupun sunnah? Hukum aqiqah yakni sunnah, karena perihal tersebut cocok dari pemikiran dari para ulama semacam Imam Malik, Imam Syafi’ i ataupun Imam Ahmad yang melaporkan kalau Aqiqah itu merupakan sunnah, jadi bukan harus wajib di aqiqah kecuali bapak dari kelahiran anak tersebut sanggup buat mengakikahinya. Oleh karena itu mengapa aqiqah itu sunnah? Sebab tiap orang tua yang baru melahirkan seseorang balita, belum pasti merupakan orang yang sanggup buat melaksanakan Aqiqah. Terlebih bila peroses kelahiran dengan Caesar, pastinya memerlukan dana yang banyak. Tetapi berbeda bila orang tuanya yang sanggup, pasti lebih baik lekas melaksanakan Aqiqah dikala anak baru berumur 7 hari.

Allloh SWT sudah berfirman: Bertakwalah kepada Alloh semampu kamu( QS At Taqhobun ayat 16).

Kemudian kapan melaksanakan aqiqah buat si anak? Rasulullah Saw sempat bersabda: Tiap balita yang baru lahir hingga disembelilah hewan di hari ke 7 dari kelahiran balita tersebut serta dicukur rambutnya serta diberi nama. Tetapi apabila di hari ke 7 belum sanggup melaksanakan aqiqah, hingga bisa melaksanakan aqiqah di hari ke 14 dari kelahiran balita, apabila di hari 14 pula belum sanggup, hingga aqiqah bisa dicoba di hari ke 21 dari kelahiran balita tersebut.

Samurah bin jundab sempat mengatakan pula kalau: Nabi Muhammad Saw bersabda: Seluruh balita baik pria ataupun wanita di hari ke 7 disebelihkan hewan kambing maupun domba, dan di bagikan nama serta di cukur rambut si balita tersebut( HR Abu Dawud)
Abu Buraidah pula berkata kalau: Aqiqah ataupun dapat diucap akikah disembelihlah kambing maupun domba di hari ke 7, 14 ataupun dapat di hari ke 21 dari lahirnya balita tersebut( HR Baihaqi)

Keutamaan Aqiqah Bagi Anak dan Untuk Orang Tua

Kemudian gimana apabila kala masih kecil anak belum di Aqiqahi sebab orang tua orang yang tidak sanggup sampai anak tersebut telah baligh, apakah orang tua masih mempunyai tanggung jawab buat melaksanakan Aqiqah? Bila orang tua dulu ialah orang yang tidak sanggup dikala waktu di anjurkannya akikah dikala hari ke 7, 14 ataupun 21 di hari kelahiran si balita. Hingga dia tidak memiliki kewajiban apa- apa, walaupun bisa jadi setelah itu orang tuanya jadi kaya, hingga aqiqah jadi gugur disebabkan ia tidak mempunyai keahlian buat melaksanakan akikoh waktu diajarkan aqiqah di hari 7, 14, 21 dari kelahiran anak. Tetapi berbeda bila orang tuanya sanggup melaksanakan aqiqah dikala kelahiran anak tersebut, namun menunda buat melaksanakan Aqiqah sampai baligh, hingga orang tua senantiasa melaksanakan aqiqah meski anak telah tersebut telah baligh.

Kemudian berapa hewan yang hendak dikurbankan buat melaksanakan aqiqah baik anak pria ataupun anak wanita? Dalam melaksanakan aqiqah berapa hewan yang dikurbankan cocok komentar dari Ummi Kurz Angkatan laut(AL) Ka’ biyyah berkata kalau Rasulullah Saw sempat bersabda: Buat seseorang anak pria disembelihkan 2 ekor kambing ataupun domba yang bersebelahan usianya, sebaliknya untuk wanita cuma menyembelih satu ekor kambing maupun domba( HR Ahmmad).

Selan itu bagi dari para ulama semacam Imam Malik ataupun Imam Asy Syafi’ i hewan yang boleh di kurbankan merupakan semacam hewan buat berkurban pada biasanya, boleh jantan ataupun betina, yang terutama merupakan hewan yang hendak di kurbankan buat aqiqah si anak merupakan hewan yang tidak boleh kurus, sakit, patah tulang ataupun cacat raga serta lain sebagainya, dalam makna hewan yang boleh dikorbankan merupakan hewan yang sehat.

Serta pula bagi dari Imam Malik sempat berkata pula kalau: Sudah di anjurkan tidka boleh dalam melaksanakan sesuatu aqiqah ataupun akikah itu digunakan hewan yang tidak sehat, kurus, sakit maupun patah tulang( HR Bukhari). Kemudian apa saja keutamaan ataupun manfaat aqiqah buat diri sendiri ataupun buat kanak- kanak? Berikut penjelasannya.

Keutamaan Aqiqah Bagi Anak

Untuk orang tua yang sanggup hingga diajarkan buat melaksanakan aqiqah di hari ke 7, 14 ataupun 21 dari kelahiran balita tersebut, berikut merupakan manfaat buat anak bila di jalani akikah:

·       Dalam melaksanakan aqiqah pada kelahiran anak ialah usur pelindung dari syaitan, perihal tersebut bersumber pada dari parah ulama semacam Angkatan laut(AL) Imam, Ibnul Qayyim serta Angkatan laut(AL) Jauziyah melaporkan kalau: Tiap balita yang telah ditunaikan aqiqahnya, hingga anak hendak lebih terlindungi dari syaitan.

·       Buat melepaskan anak dari ketergadaian.

·       Bisa menghindarkan anak dari bencana ataupun kehancuran.

·       Bisa melenyapkan kotoran dari kelahiran anak.

·       Buat mendoakan si balita kala melaksanakan aqiqah.

Keutamaan Aqiqah Untuk Orang Tua

Apabila orang tua dari si bapak melaksanakan aqiqah bisa memilki manfaat bagaikan berikut:

·       Akikah ataupun diucap aqiqah ialah sesuatu tebusan hutang anak biar membagikan syafaat buat kedua orang tuanya di akhirat nanti dimana di hari perhitungan. Perihal tersebut bersumber pada para ulama semacam Imam Ahamad berkata kalau: Bila orang tuanya mampu melaksanakan akikah di waktu kelahiran anak hingga hendak membagikan syafaat untuk orang tuanya dengan aqiqahnya.

·       Dalam melaksanakan akikah ataupun aqiqah bisa menguatkan tali silaturahmi persaudaraan diantara warga dalam menyongsong kelahiran anak.

·       Bisa menjadikan pembelaan untuk kedua orang tuanya di akhirat.

·       Bagaikan pembayaran hutang orang tua kepada anak.

·       Memperoleh pahala sebab telah melakukan sunnah rosul.

Baca Juga : 11 Keutamaan Membaca Sholawat Nuridzati Setiap Hari
Baca Juga : 22 Keutamaan Membaca Doa Nurbuat Setiap Hari
Seperti itu sebagian keutamaan aqiqah bagi anak serta orang tua. Mudah- mudahan dengan membaca postingan saat ini ini orang tua lebih mengenali tentang sebagian manfaat melaksanakan aqiqah. Untuk orang tua yang sanggup, lebih baik melaksanakan aqiqah dikala anak baru berumur 7, 14 ataupun 21 dari kelahiran anak tersebut. Demikian yang bisa kami sampaikan pada peluang ini, mudah- mudahan bisa berguna untuk seluruhnya.