Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Setiap Hari Jum’at

Keutamaan membaca surat Al Kahfi setiap hari jum’at memanglah kayaknya belum banyak orang yang mengetahuinya. Oleh sebab itu, disini kami hendak berbagi data ringkas tentang apa keutamaan surat Al Kahfi tersebut. Untuk sahabat yang belum ketahui apa saja keutamaan dari surah ini, hingga wajib di baca hingga berakhir ya, supaya sahabat mengenali sebagian khasiat luar biasa dari ayat ini.
Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Setiap Hari Jum’at
Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Setiap Hari Jum’at
Saat sebelum mangulas lebih jauh tentang khasiat maupun keutamaan membaca surat Al Kahfi apa saja, tetapi lebih dulu menarangkan sedikit tentang surah ini. Surat Al Kahfi ataupun dapat di sebut Ashabul Kahfi ialah surat ke 18 dalam Al Qur’ an, serta surah tersebut terdiri dari 110 ayat yang tercantum golong surah Makkiyah. Kemudian mengapa surat tersebut dapat diucap Ashabul kahfi? Sebab pada ayat 9 sampai 26 sudah menggambarkan tentang sebagian seseorang pemuda yang lagi tertidur sebagian tahun lamannya.

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Setiap Hari Jum’at

Surah ini salah satu surat yang mempunyai keagungan serta keutamaan yang sangat besar. Tetapi tidak sedikit dari banyaknya orang yang belum mengenali tentang keutamaan tersebut. Serta banyak pula yang sedikit dari sebagian orang tidak sering membaca salah satu surat dalam Al Qur’ an ialah Al Kahfi. Surah ini di turunkan di kota mekkah pada dikala saat sebelum Rasululloh Saw hijrah ke madinah. Surat ini di turunkan kepada Nabi Muh Saw sehabis surat Al Isra’ ataupun saat sebelum surat maryam.

Ada pula khasiat ataupun keutamaan surat Al Kahfi hendak di miliki oleh tiap umat muslim yang membacanya dengan hasrat ikhlas buat mengharapakn rindho Alloh. Terlebih bila surah tersebut dibaca serta menguasai isi isi dari surat- surat tersebut, hingga pahala membaca sangat besar.

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Setiap Hari Jum’at

Kemudian apa saja khasiat ataupun keutamaan surat Al Kahfi apabila di membawa kala hari jum’ at? Berikut uraian dari kami, serta mudah- mudahan bisa berkeutamaan.

·       Rasululloh Saw sempat bersabda kalau: Untuk siapa membaca surat Al Kahfi, hingga pembaca surat tersebut hendak terpelihara sepanjang 8 hari tiap fitnah Dajjal. Serta apabila Dajjal keluar dikala itu, hingga Alloh hendak menjaganya dari fitnahnya sepanjang 8 hari( Nur Ats- Tsaqalayn 3: 242) hadis bersumber dari Ubay bin Ka’ b dari Nabi Saw.

·       Rasululloh Saw sempat bersabda kalau: Untuk siapa membaca ayat 1- 10 dari surah Al Kahfi, hingga pembacanya tidak terserang bahaya dari fitnah- fitnah Dajjal. Serta apabila di baca segala ayat dalam surah tersebut, hingga dia hendak masuk surga( Nur Ats Tsaqalayn 3: 242) hadist bersumber dari Sammarah bin Jundab dari Nabi Saw.

·       Rasululloh Saw sempat bersabda kalau: Apabila engkau menjumpai Dajjal, hingga hendaklah dia membaca surah ini, sebab surat tersebut hendak menjagamu dari fitnahnya( Dzikru Dajjal, IV/ 2250 nomor 2937).

·       Rasululloh Saw sempat bersabda kalau: Apabila dibaca surah Al Kahfi sebagaimana sudah di turunkannya, hingga dia hendak jadi sinar menurutnya di hari kiamat, dari tempat tinggalnya hingga ke Mekkah( Amal Al Yaumi wa Al Lailati nomor 81).

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Hari Jum’ at

Surah ini sangat bagus sekali apabila di baca secara istiqomah tiap hari jum’ at, berikut keutamaannya:

·       Rasululloh Saw sempat bersabda kalau: Untuk siapa surah ini dibaca di hari jum’ at, hingga Alloh hendak menyinari menurutnya dengan sinar di antara 2 jum’ at( Al Baihaqi III/ 249 nomor 5792).

·       Rasululloh Saw sempat bersabda kalau: Untuk siapa membaca surah ini pada malam jum’ at, hingga menurutnya hendak disinari sinar antara dia serta Ka’ bah( HR Angkatan darat(AD) Darini 3470).

·       Nabi Muhammad Saw sempat bersabda kalau: Untuk siapa surah ini dibaca pada malam jum’ at, hingga hendak dipancarkan sinar menurutnya sepanjang darinya serta Baitul‘ atiq( Sunan Angkatan darat(AD) Darimi 3273).

·       Rasululloh Saw sempat bersabda kalau: Untuk siapa membaca hari jum’ at, hingga hendak memancarkan suatu sinar dari dasar kakinya sampai ke langit, serta meneranginya pada hari kiamat, serta hendak di ampuni dosanya antara 2 jum’ at( At Targhib wa Al Tarhib 1/ 298).

Seperti itu sebagian khasiat maupun keutamaan membaca surat Al Kahfi. Kemudian kapan waktu membaca surat Al Kahfi? Dari sebagian hadits diatas Rasululloh Saw mengatakan kalau membaca surat tersebut dikala di malam jum’ at serta di hari jum’ at. Jadi surat tersebut bisa dibaca mulai terbenamnya matahari pada hari kamis sampai waktu maghrib hari jum’ at.

Al Munawi berkata kalau: Diajarkan membaca surat tersebut di hari jum’ at ataupun malam harinya, sebagaimana tersebut sudah di tegaskan oleh as Syafii( Faidhul Qadir 6/ 257).
Jadi bisa kita simpulkan kalau tidak terdapat waktu spesial buat membaca surat Al Kahfi, jadi Kamu bisa membaca surat tersebut sepanjang hari jum’ at mulai dari terbenamnya matahari pada hari kamis sampai waktu maghrib hari jum’ at.

Dalam surah Al Kahfi mempunyai 4 cerita antara lain:

Ø  Cerita awal( Tes agama): Cerita tentang sekelompok anak muda yang beriman kepada Alloh yang hidup di masa zalim, mereka menolak ajaran islam, sampai di kejar hingga bersembunyi di gua serta tertidur sepanjang 309 tahun serta bangkit kembali sehabis negara ini telah berganti atas pertolongan Alloh( ayat 14- 18)

Ø  Cerita kedua( Tes harta): Cerita tentang seseorang shohibul jannatain yang telah diberi nikmat Alloh, hendak namun dia mengingkarinya dan melupakan Alloh, sebab terlena dengan harta( ayat 32- 42)

Ø  Cerita ketiga( Tes ilmu): Cerita tentang Nabi Musa serta Khidir, kala ditanya oleh kaumnya tentang siapa orang sangat pintar di bumi ini? Nabi Musa menanggapi dirinya orang sangat pintar, hendak namun Alloh menegaskan kalau ada orang lebih pintar darimu ialah Nabi Khidir, Nabi Musa juga menuntun ilmu pada Nabi Khidir, tetapi Nabi Musa tidak tahan oleh perilaku Nabi Khidir( ayat 62- 70)

Ø  Certa keempat( Tes kekuasaan): Cerita tentang seseorang raja bernama yang mempunyai kekuasaan yang bisa melaksanakan apa saja yang di inginkannya, menyebar fitnah dan melaksanakan kezaliman( ayat 95).

Dari keempat fitnah ataupun tes diatas hendak terjalin kala Dajjal hendak bangkit:

ü  Awal: Dajjal hendak melaksanakan perbuatan zalim semacam pemaksaan kepada orang beriman buat melupakan Tuhan mereka, serta Dajjal hendak mengaku dirinya bagaikan Tuhan yang wajib disembah, ini yakni tes agama( fitnah al- din).

ü  Kedua: Saat sebelum Dajjal tiba, hendak ada kemarau yang panjang sepanjang 3 tahun, dikala seperti itu Dajjal hendak tiba serta penuhi apa saja untuk orang yang mengikutinya semacam merendahkan hujan, menyuburkan tumbuhan serta lain sebagainya, ini yakni tes harta( fitnah al- maal).

ü  Keetiga: Dengan kepintaranya Dajjal bisa menghasut orang– orang yang tidak beriman sehingga bisa mempercayainya, ini yakni tes ilmu( fitnah Al‘ ilm).

ü  Keempat: Dengan keahlian sihir yang di miliki Dajjal yang tidak di miliki oleh manusia dapat, hingga Dajjal mempunyai kekuasaan penuh yang bisa memforsir kehendaknya kepada orang tidak beriman, ini yakni tes kekuasaan( fitnah al- sulthoh).

Seperti itu 4 fitnah yang hendak tiba kala Dajjal bangkit. Oleh karena itu, Rasululloh Saw sudah membagikan peringatan kepada seluruh supaya tidak terjerumus dari fitnah Dajjal, Rasululloh Saw pula mengatakan kalau apabila berjumpa dengan Dajjal, hingga bacalah salah satu surat dalam Al Qu’ ran surat tersebut hendak menyelamatkanmu dari fitnahnya ialah surat Al Kahfi, bila engkau selamat dari fitnah Dajjal, hingga bila engkau mati di tangan Dajjal, hingga Alloh hendak mencatat bagaikan mati syahid.
Baca Juga : 17 Keutamaan Membaca Surat Al Mulk Sebelum Tidur
Baca Juga : 18 Keutamaan Membaca Surat Al Kautsar Setiap Hari
itu beberapa sebagian keutamaan membaca surat Al Kahfi setiap hari jum’ at yang belum banyak orang yang mengetahuinya. Mudah- mudahan dengan membaca postingan ataupun tulisan saat ini ini, sahabat bisa mengenali keutamaan membaca surat ini serta menaikkan pengetahuan pastinya. Telah di jelaskan di atas, banyaknya surat di dalam Al Qur’ an, Al Kahfi merupakan salah satu surat yang bisa menyelamatkanmu dari fitnah- fitnah dajjal. Demikian data yang bisa di informasikan dalam postingan saat ini ini, serta mudah- mudahan bisa berkeutamaan untuk seluruhnya.